PALANGKA RAYA - PSM Makassar kembali gagal meraih kemenangan laga tandang usai ditekuk Kalteng Putera 1-3 dalam laga tunda Kompetisi Sepakbola Liga 1 di Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (10/11/2019). Juru taktik Juku Eja Darije Kalezic akui skuadnya tampil dibawah performa. 

Kalezic mengatakan, PSM memulai laga tidak sesuai dengan rencana. Ia merujuk gol cepat Kalteng Putra, melalui Elthon Maran pada menit 6. Menurut Kalezic, gol itu diawali oleh pelanggaran tidak perlu.

"Kita tidak memulai pertandingan seperti yang kita inginkan. Kita membuat pelanggaran percuma. Padahal ini sudah kita bicarakan sebelumnya," kata Kalezic.

Ia menjelaskan, situasi timnya makin rumit setelah Kalteng Putra mendapatkan gol keduanya lewat aksi Eydison Soares. PSM merespon dengan memasukkan penyerang muda, Aji Kurniawan menggantikan Zulham Zamrun. Keputusan itu membuat PSM mampu mencetak gol dari Aji dan membuat kedudukan menjadi 2-1.

"Bagian terburuk adalah 20 menit pertama dan kita kemasukan dua gol. sangat sulit untuk kita kembali ke permainan. Saya melakukan pergantian taktik dengan pergantian memasukkan pemain muda. Aji memberi harapan, dia mencetak gol," jelas Kalezic.

PSM Kemudian berusaha mencari gol penyeimbang dengan memasukan Rasyid Bakri dan Ferdinand Sinaga di babak kedua. Kalteng Putra malah menambah gol dan memastikan kemenangannya lewat tendangan keras Takuya Matsunaga pada menit 82.

"Kita berusaha sekuat tenaga utuk mencetak gol penyeimbang, pergantian yang kami lakukan itu tidak cukup. Mereka mempunyai striker kuat untuk menahan bola di depan. Pemain Kalteng Putra keluar dari area bertahan mereka dan membantu serangan balik. Itu artinya kami harus berlari kembali dan ini menyita banyak energi pemain saya," tukas Kalezic. ***