JAKARTA - Rafiq Piliang terpilih sebagai Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Riau (Hipemari) Jakarta periode 2019-2020 menggantikan Rizky Beradat.

Rafiq dipilih melalui musyawarah tahunan anggota (MTA) Hipemari Jakarta ke-20 yang berlangsung Sabtu-Minggu (9-10/11) di Aula Asrama Mahasiswa Riau Jakarta, Lenteng Agung.

MTA ke-20 Hipemari Jakarta diikuti 12 primordial kabupaten/kota di Riau diantaranya Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Pekanbaru, Bengkalis dan Dumai.

Rafiq lolos diusung 10 primordial setelah Bengkalis dan Rokan Hilir menyatakan Walk Out (WO) dari sidang MTA.

"Alhamdulillah saya mendapat kepercayaan dari kawan-kawan dari kabupaten. Total dukungan sebanyak 10 kabupaten/kota dan dua lainnya menyatakan mundur dari arena sidang," kata Rafiq usai terpilih Ahad (10/11).

Sebagai ketua terpilih, Rafiq berharap dibawah kepemimpinannya nanti, Hipemari bisa berkolaborasi dengan Pemprov Riau dan stakehokder lainya untuk berkontribusi terhadap persoalan Riau saat ini dan masa akan datang.

"Sebagai mahasiswa Riau yang berada di ibukotan negara, tentu banyak harapan kami untuk menyuarakan kepentingan masyarakat Riau sesuai kapasitas kami. Untuk itu saya berharap kerjasama semua pihak baik pemerintah provinsi maupun lainnya," ucapnya.

Sementara itu, ketua demisioner Hipemari Jakarta, Rizky menjelaskan, terkait adanya peserta yang Walk Out dua Kabupten saat sidang berlangsung.

Awalnya, kata Dia, mekanisme pemilihan ketua dilakukan secara demokrasi dimana setiap peserta yang hadir memiliki satu suara sah berdasarkan absensi peserta. Namun dalam persidangan tidak memenuhi kesepakatan, karena banyaknya anggota yang hadir tapi tidak melakukan registrasi akibat terlambat hadir. Pihak panitia sendiri sudah memberikan batas waktu registrasi sampai pukul 12.00 WIB hari Sabtu.

"Kita hargai semua aturan yang telah ditetapkan oleh panitia acara. Dinamika yang terjadi pada hari ini merupakan bukti semangat mahasiswa untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik," katanya.

Untuk itu, Rizky menghimbau seluruh pihak dari kabupaten untuk dapat menghargai proses demokrasi tersebut dan segera melakukan konsolidasi kesemua paguyuban mahasiswa kabupaten/kota supaya bisa berkontribusi terhadap Riau dan daerah masing-masing.

"Pesan saya kepada ketua terpilih untuk segera lakukan konsolidasi dan bersatu untuk Riau yang lebih baik. Bangun komunikasi ke semua pihak dan juga Pemprov Riau, " tandasnya.***