PALAS - Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) jaringan irigasi dari Balaka Sitokkon, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sutan Hasibuan terpilih sebagai juara terbaik I tingkat Provinsi Sumatera Utara. Terpilihnya Sutan Hasibuan yakni berdasarkan pemilihan juru dan pengamat irigasi teladan tingkat Provinsi Sumut yang diseleggarakan Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut di Hotel Garuda Plaza Medan, Selasa - Jumat (8/11/2019) kemarin.

Pemilihan juru dan pengamat irigasi teladan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumut Alfi Syahriza yang dihadiri peserta pemilihan dari berbagai kabupaten/kota serta para juri.

Kepala UPT SDA Batang Angkola Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut Suyetno mengapresiasi penyelenggaraan pemilihan petugas OP irigasi dan pengamat tingkat Provinsi Sumut tersebut sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap para pengamat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), juru pengairan.

"Permasalahan dalam pengelolaan sumber daya air terutama dalam aspek OP, antara lain adalah menurunnya kuantitas dan kualitas petugas OP irigasi. Oleh karena itu, pemilihan juru dan pengamat irigasi tingkat provinsi ini dimaksudkan sebagai forum berbagi pengalaman dan kemajuan masing-masing daerah dan mendorong kompetensi para petugas OP irigasi dan pengamat melalui suatu pembelajaran serta untuk meningkatkan profesionalitas sumber daya manusia dalam penyelenggaraan OP irigasi di masing-masing daerah," jelasnya.

"Semua ini akhirnya akan bermuara pada peningkatan pelayanan OP iirigasi dan pengamat untuk masyarakat," lanjutnya.

Suyetno berharap, pemerintah kabupaten wajib melakukan pengelolaan irigasi di wilayah yang menjadi kewenangannya melalui penyelanggaraan OP irigasi dan pengamat secara baik dan benar, sehingga dapat memberikan pelayanan kebutuhan air khususnya kepada petani dalam upaya peningkatan produksi padi untuk mendukung ketahanan pangan.

"Kalau kita menoleh ke belakang, kita dapat melihat pasang surutnya penyelenggaraan OP jaringan irigasi dan pengamat dengan segala permasalahannya, baik masalah kebijakan, masalah teknis, masalah sumber daya manusia, masalah peralatan, maupun pembiayaan," bebernya.

Oleh karena itu, keberhasilan juru dan pengamatan irigasi dari Balaka Sitokkon Kabupaten Palas ini diharapkan sebagai motivasi bagi juru irigasi lainnya untuk terus berupaya menanggulangi permasalahan irigasi.

"Dari tiga juru irigasi dan pengamat dari utusan Kabupaten Palas, Juru Irigasi atas nama Sutan Hasibuan dari Balaka Sitikkon, Kecamatan Lubuk Barumun berhasil meraih juara terbaik tingkat Provinsi Sumut, sementara juru irugasi Sarnadan Lubis dari Siborna, Kecamatan Sosa dan Ari Marangga, juru irigasi dari Padang Garugur, Kecamatan Aek Nabara Barumun belum berhasil meraih juara," pungkasnya.