PALAS - Bupati Padang Lawas H.Ali Sutan Harahap (TSO) memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman komplek perkantoran SKPD Terpadu, Minggu (10/11/2019) pagi. Upacara yang dimulai sekira pukul 08.00 tersebut, diawali dengan penaikan bendera, pembaca Teks Pancasila, UUD 1945, pesan-pesan Pahlawan dan bertindak sebagai komandan upacara yakni Serma Aspan Rangkuti, anggota Koramil 08 Barumun.

Peserta upacara diikuti seluruh ASN dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Palas, Ketua dan pengurus KNPI Palas, Ormas, OKP serta Kalangan pelajar SD, SMP dan SMA.

Bupati TSO saat membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI, Juliardi P.Batubara mengatakan, semangat yang ditujukan para pahlawan dan perjuangannya agar perlu terus ditumbuhkankembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.

"Momen peringatan hari pahlawan diharapkan kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. The Founding Fathers kita, Bung Karno menyatakan 'Hanya Bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar'. Mari kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagimana tema Hari Pahlawan 2019," tegasnya.

Bupati mengingatkan, untuk menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia.

"Dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain," kata TSO.

Di akhir amanatnya, Bupati berpesan kepada generasi muda dan masyarakat jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

"Jangan biarkan tangan tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lainnya," pesan TSO sembari mengajak agar semua pihak memaknai hari pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri Indonesia maju.

Usai upacara, Pemkab Palas menyerahkan tali asih kepada Veteran RI yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Palas H.Ali Sutan Harahao (TSO) kepada Veteran RI atau janda Veteran atas nama H.Palid Harahap yang diterima Maryam, Baharuddin Lubis yang diterima Hj.Amna Sari dan Usman Silalahi yang diterima Nurlom.*