Pemkab Batubara Lelang 20 Jabatan Eselon II, Ini Jadwalnya

Pemkab Batubara Lelang 20 Jabatan Eselon II, Ini Jadwalnya
Sabtu, 09 November 2019 09:54 WIB
Penulis: Tuah Aulia Fuadi
BATUBARA - Pemerintah Kabupaten Batubara membuka lelang jabatan eselon II dilingkup Pemkab setempat. Ada 20 jabatan yang akan dilelang.Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Batubara, Sakti Alam Siregar, menyebut, jadwal pengumuman pelelangan Pendaftaran jabatan eselon II ini mulai dibuka pada Jumat 8 November 2019.

"Kami umumkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) Se - Sumatera Utara, pada tanggal 8 November 2019 hingga 22 November 2019, untuk dapat mendaftarkan diri pada seleksi tersebut," kata Sakti, Rabu (7/11/2019) kemarin, seperti dikutip dalam surat salin yang diterima Gosumut.com.

Sekda menyebut, mulai dari 8 hingga 22 November 2019 untuk para ASN yang sudah memenuhi syarat untuk dapat segera mengikuti proses seleksi tersebut.

Ads
Akan tetapi, tambah Sakti, para ASN juga harus mampu memenuhi berbagai persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

Terdapat sejumlah ketentuan umum dan persyaratan administrasi yang wajib diketahui para pelamar. Yang bersangkutan disebut harus memiliki pangkat sekurang - kurangnya golongan Pembina tingkat IV/a paling singkat menjabat selama 2 tahun.

Bagi Eselon IIlb, sekurang - kurangnya memiliki minimal pangkat Pembina IV/a paling singkat menjabat selama 3 (tiga) tahun.

Pelamar juga wajib memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV dan memiliki Surat Tanda Lulus Pendidikan dan Pelatihan (STLPP) Diklatpim Tk.II atau Tk.III.

Usia paling tinggi bagi pelamar adalah 56 tahun pada saat dilantik sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama.

Selanjutnya, kata Sakti, bagi yang Pernah menduduki jabatan Eselon II atau JPT Pratama setidak-tidaknya memiliki pengalaman jabatan di bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif, paling kurang selama 5 (lima) tahun.

Kemudian semua unsur penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) atau hasil Penilaian Prestasi Kerja PNS sekurang-kurangnya bernilai baik selama 2 tahun terakhir, yakni penilaian dari tahun 2017 s/d 2018.

Ditambahkannya, bahwa surat lamaran dan Pakta Integritas bagi pelamar harus dibubuhi dengan materai Rp. 6.000 dengan Fotocopy Ijazah dan SK Pangkat terakhir.

Selanjutnya pelamar diwajibkan mengisi Daftar Riwayat Hidup, melampirkan Fotocopy KTP, NPWP, dan SPT tahun terakhir serta fotocopy LHKPN atau LHKASN.

Kemudian pelamar mencantumkan Pasphoto terbaru dengan ukuran 4x6 cm sebanyak 6 lembar dengan latar belakang warna merah beserta Surat Keterangan Berbadan Sehat wajib dikeluarkan dari Rumah Sakit Pemerintah asal pelamar.

"(Selanjutnya) Surat lamaran tidak sedang menjalani hukuman disiplin, atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin (harus) dibubuhi materai Rp 6000 dan ditandatangani oleh Sekretaris Daerah," kata Sakti.

Untuk Surat Izin, dapat diperoleh dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di lingkungan Pemkab Batubara.

Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi tersebut harus disusun secara rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Selanjutnya, seluruhnya yang menjadi berkas pelamar disampaikan secara manual di Kantor BKD Batubara, di jalan Pantai Sejarah, Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir.

Adapun 20 jabatan yang akan dilelang tersebut diantaranya Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik, Sekretaris DPRD, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Kemudian posisi Kepala Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata serta Kepala Dinas Perpustakaan.

Jabatan kosong lainnya yang juga dilelang adalah Kepala Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas PERKIM, Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, Pertanian, serta Dinas Peternakan dan Dinas Perkebunan.

Sisa Jabatan lainnya ialah, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

"Khusus untuk Jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan wajib memiliki kualifikasi sebagai PPNS," ucap Sakti.

Secara rinci, mantan Kabag Humas Pekmo Tebing Tinggi itu menjelaskan terkait dengan pelaksanaan seleksi jabatan ini terbagi atas tiga tahap.

Pertama tahap administrasi, kedua tahap uji Psikotes dan tahap ketiga presentasi makalah serta wawancara akhir.

Sakti menjelaskan, tahapan pengumuman seleksi pendaftaran administrasi berlangsung dari tanggal 8 hingga 22 November.

"Pengumuman Seleksi Administrasi ini diumumkan pada tanggal 25 November 2019," tuturnya.

Ditahap berikutnya yaitu seleksi uji psikotes dimulai dari tanggal 2 hingga 4 Desember 2019.

"Pengumuman hasil penilaian psikotes pada tanggal 10 Desember 2019," tambahnya.

Tahapan berikutnya, Seleksi Penulisan Makalah dan Wawancara berlangsung dari tanggal 11 hingga 14 November 2019.

Di tahapan ini, lanjut Sakti, Panitia Seleksi akan melakukan penilaian penulisan makalah peserta yang dilanjutkan dengan wawancara akhir.

"Pengumuman Seleksi Penulisan Makalah dan Wawancara diumumkan pada tanggal 17 Desember 2019, sekaligus penyampaian peserta yang dinyatakan lulus kepada Pejabat Pembina Kepegawaian di Pemkab Batu Bara,” tungkasnya.

Mantan Inspektur Daerah kabupaten Batu Bara itu juga menegaskan bahwa proses seleksi ini tidak dipungut biaya.

Bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan maupun tidak melengkapi dokumen akan dinyatakan tidak lulus administrasi serta tidak dapat mengikuti ke tahap selanjutnya.

Disebut jadwal pelaksanaan seleksi dapat berubah sewaktu-waktu, oleh karenanya bagi para ASN yang ingin mengikuti perkembangan seleksi jabatan ini dapat mengunjungi Kantor BKD kabupaten Batubara, di jalan Pantai Sejarah, Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir.

Untuk diketahui, pendaftaran lelang jabatan eselon II ini tidak dibuka dan diumumkan secara terbuka di situs https://batubarakab.go.id. *
Editor : Fatih
Kategori : Pemerintahan, Batubara, Sumatera Utara
www www