Polres Nisel Siap Amankan Pilkades Serentak 2019

Polres Nisel Siap Amankan Pilkades Serentak 2019
Kapolres Nisel, AKBP I Gede Nakti Widhiarta
Senin, 04 November 2019 19:05 WIB
Penulis: Halawa

NIAS SELATAN - Polres Nias Selatan siap mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2019 di Kabupaten Nias Selatan.

Hal ini ditegaskan, Kapolres Nisel, AKBP I Gede Nakti Widhiarta kepada wartawan di ruang kerjanya, Jalan Mohammad Hatta, Telukdalam, Senin (4/11/2019).

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan jelang Pilkades, kata dia, Polres Nisel sebelumnya sudah melakukan deklarasi damai yang diikuti oleh para Cakades, lalu menggelar razia minuman keras dan meminta Dinas PMD untuk memasang spanduk berupa himbauan kepada masyarakat untuk menciptakan Pilkades yang damai, aman dan kondusif.

I Gede menyebutkan, pihaknya menerjunkan sebanyak 1.400 personil pengamanan termasuk BKO dari Polda dan TNI.

Ads
"Pelaksanaan Pilkades serentak di Nisel dibagi 4 Rayon dan setiap Rayon kita terjunkan sebanyak 350-an personil dan setiap TPS, kita tempatkan 2 personil. Sedangkan di Desa yang banyak DPT-nya dan dianggap rawan, akan ditambahkan personil pengamanan yang stanby," ujarnya.

Lulusan Akpol 1998 itu juga menambahkan, 5 November besok pihaknya akan menggelar rapat koordinasi bersama unsur Forkopimda dan kemudian pada 6 November akan menggelar pasukan pengamanan sekaligus mengecek kesiapan pengamanan.

Setelah itu, lanjut dia, pihaknya akan melaksanakan pergeseran pasukan ke wilayah yang dinilai paling jauh.

Karena menurut dia, H-1, personil pengamanan sudah berada di lokasi untuk pengecekan TPS dan lain-lain.

"Sesuai keterangan Kadis PMD juga dari 459 Desa di Nisel, ada 7 Desa tidak jadi melaksanakan Pilkades karena beberapa faktor diantaranya disebabkan karena adanya masalah tentang penetapan Cakades oleh panitia yakni, Desa Oikhoda Balaekha, Kecamatan Lahusa, Desa Tuwaso Kecamatan Hibala dan Desa Sisobambowo Kecamatan Aramo," jelasnya.

Sementara, Desa yang tidak menggelar Pilkades karena alasan tidak ada calon yaitu, Desa Bais Baru, Kecamatan PP Batu Timur, Desa Rapa-rapa Melayu, Desa Baruyu Lasara, Kecamatan PP Batu dan Desa Tundrumbaho Kecamatan Huruna.

"Untuk Desa Tundrumbaho hanya satu orang yang mencalonkan diri," imbuhnya.

Pelaksanaan Pilkades di Nisel dibagi dalam 4 Rayon dan akan digelar mulai 8 November 2019.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Politik, Sumatera Utara, Nias Selatan
www www