LABUHANBATU - Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat menyerahterimakan jabatan Kabag Ops, Kabag Sumda, Kapolsek Sei Kanan dan Kapolsek Panai Hilir, Sabtu (2/11/2019) di Mapolres Labuhanbatu.
Serah terima jabatan ini diterima Kabag Ops Kompol Marluddin, Kabag Sumda Kompol Hendri Matondang, Kapolsek Sei Kanan AKP Herry Sugiharto, dan Kapolsek Panai Hilir AKP Lumumba Siregar.

Sebelum memulai prosesi sertijab, Kapolsek mengajak seluruh personel untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya.

"Sehingga kita dapat hadir untuk melaksanakan upacara serah terima jabatan Kabag Ops, Kabag Sumda, Kapolsek Sei Kanan dan Kapolsek Panai Hilir dalam suasana yang sederhana namun penuh hikmad," terangnya.

Kapolres menjelaskan, sertijab dalam suatu organisasi merupakan hal yang wajar dan selalu terjadi. Oleh karena itu, mari disikapi sebagai suatu bentuk kegiatan dinamika organisasi yang wajar dan akan dialami oleh siapapun yang diberi kepercayaan dan amanah untuk menduduki suatu jabatan.

"Yang menjadi harapan kita bersama dengan adanya pergantian pejabat ini dapat meningkatkan semangat dan kesegaran baru bagi kita bersama dalam pelaksanaan tugas," terangnya.

Dalam pelaksanaan kepemimpinan, lanjut AKBP Agus, setiap insan Polri selalu memiliki kepemimpinan yang berbeda antara satu pejabat dengan pejabat lainnya. Namun perlu diketahui dan yakini bersama, tujuannya adalah sama untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan tugas, dalam pergantian pejabat jangan sampai mengakibatkan terlambatnya kelancaran management pelaksanaan tugas.

"Namun sebaliknya dapat menimbulkan angin segar untuk menciptakan kreasi dan inovasi baru dalam menunjang suksesnya pelaksanaan tugas yang semakin hari semakin berat, seiring dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas gangguan kamtibmas serta tuntutan masyarakat yang menginginkan peningkatan pelayanan Polri," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dewasa ini institusi Polri dihadapkan dengan tugas pelayanan kepada masyarakat yang telah memiliki pola pikir yang kritis, kesadaran dan pengetahuan hukumnya mulai meninggi, sehingga tidak segan - segan melakukan kritik, bahkan tuntutan atas perlakuan aparat Polri yang tidak sesuai dengan perundang - undangan yang berlaku.

"Melalui amanat ini, saya minta dan saya imbau kepada seluruh personel Polres Labuhanbatu hendaknya mampu menjaga dan memelihara citra Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, karena keberadaan Polri merupakan amanat rakyat yang tuntutan utamanya adalah mampu menampilkan jati dirinya dalam setiap kiprah pengabdian Polri," urainya.

Untuk itu, mantan Kapolres Samosir itu menekankan, agar setiap individu anggota Polri dan ASN Polres Labuhanbatu agar selalu memelihara ketaqwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan spritual yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawab, cara demikian akan dapat menumbuhkembangkan mental dan karakter yang baik bagi anggota Polri dan ASN.

"Kepada pejabat lama Kompol Mustafa Nasution, saya mengucapkan terima kasih kepada saudara. Di mana saudara telah bertugas menjabat Kabag Ops selama lebih kurang satu tahun, saudara telah memberikan pengabdian serta dedikasi loyalitas terhadap segala tugas yang telah diemban dan dilaksanakan dengan baik, sehingga terciptanya situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Labuhanbatu," ucapnya.

Kepada pejabat lama Kompol Lamin, Kapolres juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi selamat menjabat sebagai Kabag Sumda selama kurang lebih 9 bulan.

"Saudara telah memberikan pengabdian serta dedikasi loyalitas terhadap segala tugas yang telah diemban dan dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada AKP Mhd Basyir yang telah bertugas menjabat sebagai Kapolsek Sei Kanan selama kurang lebih 1,6 tahun dan telah memberikan pengabdian serta dedikasi loyalitas terhadap segala tugas yang telah diemban dengan baik, sehingga terciptanya situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Sei Kanan.

"Kepada pejabat lama AKP Budiarto, saya mengucapkan terima kasih kepada saudara. Di mana sejak bertugas sebagai Kapolsek Panai Hilir selama kurang lebih satu tahun, saudara telah memberikan pengabdian serta dedikasi loyalitas terhadap segala tugas yang telah diemban dan dilaksanakan dengan baik, sehingga terciptanya situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif di wilayah Polsek Panai Hilir," terangnya.

Sementara itu, kepada pejabat yang baru dilantik Kabag Ops Kompol Marluddin, Kabag Sumda Kompol Hendri Matondang, Kapolsek Sei Kanan AKP Herry Sugiharto, dan Kapolsek Panai Hilir AKP Lumumba Siregar, dirinya mengucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan atas jabatan yang diberikan dengan memperhatikan latar belakang pendidikan dan pengalaman tugas.

"Saya yakin saudara mampu untuk segera beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas yang baru. Oleh sebab itu, saya mengharapkan saudara dapat melanjutkan tugas pejabat yang lama dan bila perlu lebih meningkatkan program-program yang dapat menciptakan situasi dan kondisi yang lebih baik serta menjalin kerjasama dengan muspika dan masyarakat setempat, baik dengan TNI dan instansi terkait serta tokoh agama, tokoh adat dan memanfaatkan potensi masyarakat yang ada guna untuk secara bersama — sama mengupayakan dan memelihara terwujudnya situasi yang aman dan kondusif," tegasnya.

Kapolres juga meminta agar pejabat baru dapat berdayakan personel yang ada dengan baik sesuai dengan tupoksinya serta tingkatkan giat patroli, sehingga masyarakat merasa terayomi dan merasa aman berada di tempat tinggalnya.