JAKARTA - Tuan rumah Filipina dan Singapura mendominasi peta kekuatan cabang hockey underwater (hoki dalam air) di kawasan Asia Tenggara. Itu yang disebut kapten Tim Hockey Underwater Putra Indonesia, Andika Gerald yang menerima kunjungan Chef de Mission Kontingen Indonesia, Harry Waeganegara ketika berlatih bersama rekan-rekannya untuk persiapan menuju SEA Games XXX Filipina 2019 di Stadion Renang Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (31/10/2019) malam. Meski Tim Hockey Underwater baru terbentuk untuk tampil pertama kali pada pesta olahraga dua tahunan negara Asia Tenggara, tapi Andika Gerald dan teman-temannya bertekad  menyumbangkan emas. Mereka akan menjadikan modal menaham imbang Singapura dalam laga uji coba beberapa waktu lalu untuk bersaing.

"Kami siap bersaing dan bertekad menyumbangkan medali emas pada penampilan perdana di SEA Games Filipina 2019 nanti," katanya. 

Harapan Tim Hockey Underwater Putra Indonesia bisa menyumbangkan medali emas juga disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI), Mayjen TNI Marinir (Purn) Buyung Lalana.

"Saya minta pada para atlet ini agar bisa tampil secara maksimal supaya bisa merebut emas. Apalagi kita juga punya peluang ini (meraih emas) di nomor putra," ujar Buyung. 

Diikutsertakannya cabang olahraga Hockey Underwater di ajang SEA Games ini sendiri pun bisa terbilang baru. Meski begitu, Buyung tetap optimis bisa meraih hasil maksimal jika melihat bagaimana usaha keras yang dijalani para atlet dalam latihan.

"Melihat persiapan baik pada kelompok putra atau putri itu kita udah sampai tahap siap delapan puluh persen. Untuk ke 100 persen itu masih ada waktu yang bisa dimanfaatkan," ungkap Buyung.

"Yang penting bagi saya dan jajaran POSSI adalah bagaimana mempertahankan kondisi para atlet supaya stamina terjaga dan disiplin terjaga serta punya semangat bertanding untuk menjadi yang terbaik." ***