JAKARTA - Meski belum genap satu bulan dilantik, seluruh pimpinan Parlemen, baik DPR, MPR dan DPD, masing-masing mendapat jatah 'tunggangan' mobil baru. Para pimpinan lembaga di Parlemen Senayan, mendapatkan mobil dinas baru keluaran Toyota berjenis Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid. Mobil yang tidak dijual untuk umum ini dibanderol Rp 1,5 miliar per unitnya.

Dari pantauan GoNews.co, Rabu (30/10/2019), mobil dinas tersebut tampak berjejer di depan Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan.

Mobil dinas merek Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid sendiri merupakan bagian dari generasi ke-15 Toyota Crown yang mulai dihadirkan pada 2018.

Menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) membuat Crown Hybrid memiliki dimensi lebih besar ketimbang Crown generasi ke-13 yang digunakan sebagai mobil menteri kabinet sebelumnya.

Sedan ini memiliki dimensi panjang 4.910 mm, lebar 1.550 mm, tinggi 1.455 mm, dan wheelbase 2.920 mm. Sementara Crown generasi ke-13 mempunyai panjang 4.870 mm, lebar 1.535 mm, tinggi 1.470 mm, dan wheelbase 2.850 mm.

Dari sisi eksterior, mobil ramah lingkungan ini mengadopsi desain grille besar. Tampilan mewah juga terlihat dari peenyematan logo mahkota dengan aksen berwarna biru sebagai simbol kendaraan ramah lingkungan.

Sistem pencahayaan sendiri sudah menggunakan lampu LED dengan desain futuristik baik di area depan maupun di belakang, serta penggunaan velg alloy ukuran 18 inci.

Sementara di bagian interior, terlihat jelas penggunaan dual touch panel monitor di tengah dashboard yang menampilkan ragam informasi, termasuk skema kerja Hybrid Synergy Drive (HSD) II, kemudi three-spoke dengan berbagai tombol pengatur seperti cruise control, AC climate control triple zone, dan sistem audio. Sedangkan fitur pendukung lainnya adalah DVD Blu-ray, TV digital, Bluetooth, dan Wifi.

Fitur keamanan di antaranya adalah fitur Pre-Collision System (PCS) untuk mendeteksi keberadaan objek di depan mobil seperti pejalan kaki dan pesepeda. Fitur berikutnya adalah Lane Departure Alert (LDA) yang akan memberikan peringatan dan membantu mengkoreksi kemudi jika mobil melebar hingga memotong jalur dari posisi seharusnya di jalan.

Ada pula Automatic High Beam (AHB) yang akan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan jarak dan daya pandang pengemudi dan mengurangi kadang terang lampu utama ketika terdeteksi ada kendaraan di depan. Sementara fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman saat cruising di jalan tol.

Selain itu, terdapat pula fitur Blind Spot Monitor (BSM) sebagai peringatan ketika ada kendaraan lain di area blind spot mobil dan Tire Pressure Warning System untuk memantau tekanan angin ban dan memberitahu jika ada yang kurang.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid menggunakan dapur pacu yang berkode A25-FXS dengan kapasitas 2.487 cc 4 silinder Dynamic Force Engine menghasilkan power maksimum 184 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 221 Nm pada 3.800 – 5.400 rpm.

Bertransmisi Electronically Controlled CVT, untuk tenaga listrik Toyota Crown mengaplikasikan electric motor dengan power 143 PS dan torsi 300 Nm sejak pedal gas diinjak. Baterainya sendiri menggunakan Nickel-metal Hydride (Ni-MH).***