BEKASITim Nasional Indonesia U16 telah menuntaskan pemusatan latihan tahap pertama. Namun, pelatih kepala tim, Bima Sakti Tukiman, mengatakan setiap bulan akan menggelar pemusatan latihan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-16 2020 di Bahrain. Latihan mereka itu berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat.  Pemusatan latihan mereka ini telah berlangsung dari tanggal 21 hingga 30 Oktober 2019. Pagi tadi dan selama pemusatan latihan, yang dilakukan oleh Marcelino Ferdinand, dkk adalah membangun kembali kekompakan antara setiap pemain serta menjaga fisik pemain selama ini.

Adapun untuk pemain yang baru dipanggil, adalah sebagai program adaptasi mereka dengan pemain lama. Mereka juga telah menjalani latih tanding dengan tim sepak bola Askot Bekasi. “Itu semua merupakan bagian dari program kita,” kata Bima Sakti, Rabu (30/10/2019).

Dalam pemusatan latihan berkala ini, Bima akan mengadakan uji coba, untuk menjaga stamina. “Setiap TC kita adakan uji coba internal game, kemudian melawan tim luar, untuk menjaga stamina,” ujarnya.

Hari ini para pemain dikembalikan ke asalnya masing-masing, akan tetapi, Bima Sakti dan staf pelatih memberikan mereka pekerjaan rumah untuk tetap menjaga performa dan staminanya.

“Mereka kami berikan beberapa latihan tambahan di luar apa yang mereka lakukan di klubnya masing-masing,” ungkapnya.

Skuat yang ada saat ini, sebagian besar pemain yang dipanggil, adalah mereka yang bertanding di babak kualifikasi beberapa waktu lalu. Adapun tambahan lima pemain yang baru bergabung merupakan hasil pemantauan lewat program Elite Pro Academy liga 1.

“Semoga saja ada lagi, akan kita coba. Kalau memang mereka lebih baik, dari pemain yang sebelumnya, ya kita akan beri kesempatan,” jelas Bima.

Meski demikian, Bima akan memprioritaskan pemain yang telah bergabung ketika menjalani laga kualifikasi Piala Asia beberapa waktu lalu. “Tinggal kita benahi, masalah-masalah yang lebih detail seperti bertahan dan lainnya,” ucapnya.

Bima Sakti menilai calon lawan di Piala Asia merupakan tim-tim kuat. Karena itu, ia mempersiapkan betul timnya supaya mendapat hasil maksimal. “Yang pasti yang lolos di Piala Asia ini pasti berat semua. Kita tahu macan-macan Asia seperti Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi,” katanya.

Pemusatan latihan seperti ini, rencananya akan dilakukan setiap bulan sampai menjelang Piala Asia, dan hanya akan digelar selama dua pekan sekali.

“Kami akan kembali berkumpul setiap bulan, selama dua pekan. Untuk bulan November 2019, rencananya akan dilakukan di Bogor, tanggal 15 hingga 28 November 2019. Kemudian di bulan Desember 2019, kembali dilakukan di Bekasi, tanggal 2 sampai 16 Desember 2019,” tutup Bima. ***