Personel Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Palas

Personel Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Palas
Kapolres Tapsel, AKBP Irwa Zaini Adib bersama Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TS0) memeriksa pasukan persiapan pasukan di apel gelar pasukan untuk diterjunkan ke desa dalam rangka pengamanan Pilkades serentak
Selasa, 29 Oktober 2019 19:50 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS - Personel gabungan mengikuti apel pemberangkatan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Padang Lawas tahun 2019.Apel gelar pasukan tersebut diikuti personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Selasa (29/10/2019) di Lapangan Merdeka Sibuhuan.

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Irwa Zaini Adib yang dihadiri forum pimpinan daerah, Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO) Komandan Distrik Militer 0212/TS diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf.Sondi Pasaribu dan Kapolsek Barumun, Sosa, Sosopan dan Barumun Tengah.

Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib dalam amanatnya mengatakan, apel pergeseran pasukan ini adalah salah satu upaya pengecekan akhir pasukan dalam persiapan pengamanan Pilkades.

Ads
"Pemberangkatan personel gabungan keamanan yang dilaksanakan hari ini dalam rangka untuk pengecekan, termasuk juga sarana dan prasarana persiapan pilkades yang diperlukan," tegas Kapolres Tapsel.

Kapolres mengaku, pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Palas, akan dikerahkan sebanyak 340 personel gabungan.

Mereka terdiri dari personel dari kepolisian ditambah personel tambahan dari Brimob berjumlah 340 personel, ditambah 1 pleton atau 35 personel TNI, serta 32 personel dari Satpol 32 untuk memperkuat pengamanan Pilkades di Kabupaten Palas.

"Mulai hari ini mereka akan langsung bergeser menuju wilayah penugasannya dan bertugas hingga penghitungan hasil suara pilkades selesai pada Rabu (30/10/2019) besok," ujar Kapolres.

Ratusan personel tersebut, lanjut Irwa Zaini, akan disebar di 100 desa yang melaksanakan pilkades di 12 kecamatan se Kabupaten Palas. Jumlah personel di setiap TPS menyesuaikan dengan potensi kerawanan masing-masing lokasi.

Sementara itu, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TS0) berterima kasih atas dukungan dan sinergi seluruh aparat Kepolisian dan TNI dalam mengamankan pilkades di Kabupaten Palas.

TSO juga berharap, pelaksanaan pilkades dapat berjalan aman sebagaimana yang diharapkan semua pihak.

"Kami yakin dengan sinergi ini pesta demokrasi warga desa, Insya Allah akan berjalan aman dan lancar. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengamanan pilkades," kata Bupati yang akrab disapa TSO.

Bupati juga meminta masyarakat umum, khususnya para warga desa agar berpartisipasi menciptakan situasi yang aman. Meskipun berbeda dukungan calon, semangat persaudaraan desa tetap terjaga.

"Mari kita jalankan proses pilkades yang sejuk. Apapun hasilnya nanti, seluruh warga harus mendukung calon terpilih untuk bekerja bagi kemajuan desa," pungkasnya.

www www