SERDANG BEDAGAI - Dua lembaga aliansi terdiri NGO PMBDS dan Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

Pengobatan gratis dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke 91, dipusatkan di Desa Pekan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Di sela-sela pengobatan gratis, Ketua NGO PMBDS Sergai, Aswad Sirait sering disapa Wak Ucok Olo kepada Gosumut, Senin (28/10/2019) kemarin sore mengatakan, bakti sosial ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019.

"Salah satu bentuk kepedulian dua Aliansi terhadap dunia kesehatan, khususnya Desa Pekan Tanjung Beringgin bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab Sergai melalui Puskesmas Kecamatan Tanjung Beringin dalam berikan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis," Kata Aswad Sirait.

Hal ini, lanjut dia, bukti kepedulian para pemuda yang memiliki mental dan fisik dalam membangun bangsa terutama untuk membangun desa. Maka Dari itu, pihaknya perlu bersinergi dengan dinas kesehatan, karena bidang kesehatan adalah tanggung jawab bersama, termasuk pemuda

Sasaran utama pengobatan gratis tersebut, yakni masyarakat kurang mampu dan masyarakat umum, di Kecamatan Tanjung Beringin yang memiliki motto Bersatu, Bekerja, Berdoa, Berhasil.

"Dan secara langsung melibatkan tim medis dari rumah sakit, tim Dinas Kesehatan," tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPD Aliansi Jurnalis Hukum, Arman, melalui Sekretaris AJH, Azwen Fadley, mengatakan, kegiatan ini sebagai fungsi dari program kita di dalam kesehatan, di AJH ada beberapa Seksi program, seperti pertanian, perikanan, dan gerakan sosial
kemasyarakatan.

"Hari ini bertepatan dengan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini kita bergandeng tangan dengan NGO PMBDS jadi sejalan program yang kita lakukan dalam berbagai hal dan program ini akan berlanjut, Insya Allah akan kita lanjutkan di dalam berbagai program," tandasnya.