Dipusatkan di Desa Limbong, Pengajian Amaliyah Akbar sebagai Wahana Membangun Ukhuwah Islamiah

Dipusatkan di Desa Limbong, Pengajian Amaliyah Akbar sebagai Wahana Membangun Ukhuwah Islamiah
Kepala Desa Limbong Syafafuddin Pulungan mewakili Camat Barumun menyampaikan sambutan di kegiatan pengajian amaliyah akbar dan Al Ustad Rahmad Mujahid Harahap menyampaikan tausyiah
Minggu, 27 Oktober 2019 16:52 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS - Ribuan jemaah pengajian Amaliyah Barumun Raya dari berbagai penjuru desa dan kecamatan, pengajian akbar di Desa Limbong, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Minggu (27/10/2019).Pengajian amaliyah yang merupakan agenda rutin pemerintah kecamatan, dilaksanakan secara begiliran setiap bulannya. Kali ini di Kecamatan Barumun dipusatkan di Desa Limbong.

Camat Barumun As'ad Tupeil diwakili Kepala Desa Limbong, Syaparuddin Pulungan berharap, ibu-ibu pengurus dan anggota Amaliyah Akbar kecamatan dan desa untuk terus menggalakan pengajian yang telah terbina selama ini guna mewujudkan Kabupaten Palas menjadi daerah yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur dan tercapainya Kabupaten dan Desa Limbong Bercahaya.

Syaparuddin mengingatkan, faktor lingkungan berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak, sehingga dibutuhkan proses pendidikan berakhlak mulia yang ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sehingga melahirkan generasi yang beriman.

Ads
"Mari kita ciptakan generasi muda yang cerdas, beriman, berbudi luhur serta masyrakat yang berakhlak mulia," pintanya.

Pengajian Amaliyah yang dipusatkan di desannya, diharapkan menjadi perekat di kalangan ibu ibu membangun kekompakan dalam meningkatkan tali silaturrahmi serta ukhuwah Islamiyah sesama umat muslim, sehingga terwujudnya kedamaian dan kesejukan.

"Pengajian Amaliyah Akbar sebagai majelis ilmu yang sangat bermanfaat kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, karena ibadah tanpa disertai dengan ilmu akan menjadi sia-sia," terangnya.

"Oleh karena itu, melalui pengajian yang kita laksanakan hari ini, dapat menjadi wahana pembelajaran dan solusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengajaran, tuntutan dan pembinaan mengenai ilmu agama," tandasnya.

Selain itu, tambah dia, pengajian rutin ini dapat membimbing dan membina kehidupan masyarakat, khususnya di tingkat desa agar senantiasa melaksanakan kewajibannya kepada Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya.

Syaparuddin mengatakan, segala fasilitas yang menjadi kebutuhan pengajian, ditanggung oleh pemerintah desa mulai dari penyiapan teratak, mengundang ustad dan lainnya. Karena anggarannya telah ditampung dalam RAB dana desa untuk pemberdayaan dan pembinaan masyarakat Desa Limbong.

Sementara, Al Ustad Rahmad Mujahid Harahap dari Desa Sibual-buali, Kecamatan Ulu Barumun dalam tausyiahnya mengajak ibu-ibu Amaliyah Akbar meningkatkan ketaqwaan dan keimanan dalam membangun penyebaran syiar Islam.

"Perbanyaklah membaca istighfar, agar apa yang diharapkan dapat terwujud dan akan diberi kemudahan," pesan Al Ustad.

Ustad Mujahid menambahkan, obat segala penyakit itu adalah perbanyak istighfar.

"Karena kita mendapat keampunan dari Allah SWT, karena kita tidak terlepas dari dosa dan khilaf," sebutnya.

Hadir di kegiatan Amaliyah Akbar Barumun Raya, Pengurus MUI Kecamatan Barumun, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat Desa Limbong serta warga setempat.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Sumatera Utara, Padang Lawas
www www