JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik beberapa wakil menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019 siang. Terdapat 12 tokoh yang sudah hadir mengenakan kemeja putih. Kedua belas orang itu diantaranya, Budi Gunadi Sadikin (Dirut Inalum), Wahyu Sakti Trenggono (Mantan Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf), Angela Tanoesoedibjo (Anak Harry Tanoe), dan Zainut Tauhid (Waketum MUI).

Ada juga Surya Candra (Politikus PSI), John Wempi Wetip (Mantan Bupati Jayawijaya), Mahendra Siregar (Dubes Indonesia untuk AS), Kartika Wiryoadmodjo (Dirut Bank Mandiri), Pejabat Badan Restorasi Gambut (BRG) Aloe Dohong, Budi Arie (Ketua Projo), Jerri Sambuaga (Politikus Golkar) dan Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan sudah menunjuk beberapa orang untuk jadi wakil menteri (Wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Dia menjelaskan nantinya Wamen akan diisi oleh kalangan partai dan profesional.

"Soal Wamen, sebetulnya sudah selesai. Wamen sudah selesai. Ada yang dari partai, ada dari profesional," kata Jokowi saat berbicang bersama awak media di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Dia pun berharap para wamen bisa membantu menteri-menterinya. Dia pun memberikan contoh seperti Menteri BUMN, Erick Tohir yang membutuhkan wamen. Alasannya karena dia, yaitu mengurus 140 perusahaan perlu dikontrol.

"Yang Paling penting betul betul wamen itu berfungsi betul, membantu para menteri," kata Jokowi.

Dia juga berharap sore hari ini akan selesai dan akan dilantik secepatnya. Namun dia belum mau merinci para wamen akan dilantik.

"Jumlahnya masih belum hitung. Nanti finalisasinya ini, kira kira malam ini," ungkap Jokowi.***