Mahasiswa FK UISU Raih Peringkat 2 Nasional Nilai CBT UKMPPD

Mahasiswa FK UISU Raih Peringkat 2 Nasional Nilai CBT UKMPPD
Jum'at, 25 Oktober 2019 14:10 WIB
Penulis: Fatih
MEDAN - Melalui sidang Senat Terbuka, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) melantik dan melakukan sumpah dokter terhadap 173 dokter baru lulusannya, Kamis (24/10/2019) di Aula FK. UISU Jalan STM, Medan.Dalam sambutannya, Dekan FK. UISU dr Indra Janis, MKT menegaskan, FK. UISU mendapat peringkat kedua secara nasional dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

"Jadi dengan adanya ranking 2 nasional ujian UKMPPD, CBT khususnya, menunjukkan bahwa proses yang sudah kita lakukan di kedokteran UISU sudah sesuai dengan sistem kurikulum kedokteran Indonesia," jelasnya.

Dirinya pun berharap untuk selanjutnya prestasi seperti ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Sebab, selama ini FK UISU masih di bawah, namun sekarang mulai meningkat perestasi untuk dokter di Indonesia.

Ads
"Makanya ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan lagi ke depan. Kita terus berbenah," tegasnya kembali.

Untuk target ke depan, imbuh dr Indra, pihaknya memfokuskan untuk mencapai target akreditasi A untuk FK UISU.

"Pastilah kita akan capai target akreditasi A. Itu sudah kita canangkan sejak saya menjadi Dekan di FK UISU ini," timpalnya.

Sementara itu, Rektor UISU, DR Yanhar Jamaluddin MAP mengungkapkan, melantik dokter baru ini sejalan dengan visi misi UISU yakni melahirkan dokter muslim.

"Konsep dokter muslim itu, tentunya dokter tidak melupakan bahwa dia adalah ciptaan Tuhan. Kemudian dokter tidak lupa bahwa dia juga makhluk sosial yang berhubungan dengan orang lain yakni hablum minannas," terangnya.

Kemudian, lanjut dia, dokter harus beretika dengan rekan sejawat.

"Paling tidak, dengan tiga konsep ini menjadi dasar fundamental bagi dokter untuk beraktivitas dan mengembangkan kepiawaiannya dalam membina masyarakat dan melayani kesehatan masyarakat," terang Rektor.

Selain itu, dirinya juga meminta agar dokter yang baru dilantik dapat menjaga almamater UISU dan terus bergerak ke arah kemajuan sesuai dengan misi UISU.

"Dan itu diharapkan bagaimana dokter kita memajukan kesehatan di Sumatera Utara. Apalagi sesuai dengan harapan Bapak Gubernur, bagaimana UISU sehat dan bermartabat. Nah di sini kita mengambil ruang supaya dokter-dokter kita bisa menggunakan perannya mewujudnya Sumut yang sehat dan bermartabat. Mudah-mudahan," tutupnya.

Pada yudisium ini, turut dihadiri Wakil Dekan 1 (ADI) dr. Tri Makmur, Sp.S, Wakil Dekan III (KAK) dr. Alamsyah, M.Kes, Ka. Prodi. S.Ked Atan Bestari, M.Kes, Ka Prodi Profesi, DR dr Umar Zein SpPD, DTM&H, KPTI, Senator FK.UISU, Wakil-wakil Rektor dan yang mewakili rumah sakit pendidikan FK.UISU.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Pendidikan, Sumatera Utara, Medan
www www