MEDAN - Dalam rangka penguatan literasi dan inklusi keuangan di Sumatera Utara (Sumut) dan sekaligus mendukung pencapaian target inklusi nasional, Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Utara (Forkom IJK Sumut) akan menggelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) Tahun 2019 selama 2 hari pada 26 dan 27 Oktober 2019 di Lapangan Merdeka Kota Medan. Kegiatan ini akan dihadiri oleh tujuh puluh lima lembaga jasa keuangan di Sumatera Utara, empat pemerintah daerah, berbagai organisasi perangkat daerah tingkat provinsi, Bank Indonesia, self regulatory organization industri jasa keuangan, dan empat asosiasi lembaga jasa keuangan.

"Perhelatan acara ini direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Event ini merupakan yang kedua kalinya di Sumut dan menjadi yang terbesar di bidang inklusi keuangan sepanjang tahun untuk Sumut sebagai wujud semangat pelaksanaan Perpres No.82 Tahun 2016," terang Ketua Forkom IJK Sumut, Yusup Ansori, Kamis (24/10)

Sambungnya, acara atraktif yang bertema Bersama Kita Wujudkan Inklusi Keuangan untuk Semua bertujuan untuk mengingat pentingnya peran lembaga jasa keuangan dalam dunia inklusi keuangan. Ditargetkan pengunjung kegiatan tersebut seperti masyarakat umum, pelajar, mahasiswa dan keluarga besar lembaga jasa keuangan serta pelaku usaha di Sumut.

"Kita berharap kegiatan ini bisa meningkatkan partisipasi, pemahaman masyarakat terhadap fungsi produk lembaga jasa keuangan, dan sebagai wujud literasi yang lebih baik sebagai awal penguatan tingkat keyakinan bertransaksi melalui lembaga jasa keuangan di Sumut," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga akan digelar pameran produk UMKM binaan Pemda dan industri keuangan, business matching, talkshow dan edukasi produk industri keuangan kepada

masyarakat, mahasiswa dan pengusaha, senam bersama, aksi CSR, donor darah dan medical check up, aneka lomba disertai hadiah dan sebagai puncaknya menghadirkan grand prize 1 unit mobil, 2 unit sepeda motor dan beragam hadiah menarik lainnya. Selain itu, juga dihadirkan beragam acara yang mendorong implementasi program sosial beberapa lembaga keuangan untuk Sumut yang lebih baik meliputi pembagian dana CSR bernilai ratusan juta dan kegiatan donor darah.

"Semoga semua pihak yang terlibat dalam PKR tersebut dapat bersinergi mensukseskan acara guna mencapai target inklusi nasional sebesar 75% pada akhir tahun 2019 dan meningkatkan posisi inklusi keuangan Sumut yang sebelumnya berdasarkan hasil survey literasi dan inklusi keuangan tahun 2016 oleh OJK tercatat di peringkat 4 nasional dengan indeks 75.6%," tutupnya. (*)