JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti sidang kabinet perdana di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10). Ma'ruf mengikuti sidang kabinet usai memberikan arahan kepada stafnya di Kantor Wakil Presiden. Ma'ruf berangkat ke Istana Merdeka didampingi Kepala Sekretariat Wapres Mohammad Oemar dengan menggunakan mobil buggy. Sesampainya di Istana Merdeka, Ma'ruf langsung bergabung dengan Presiden Joko Widodo untuk memimpin sidang kabinet perdana.

Salah satu hal menarik dari Ma'ruf hari ini adalah pakaian yang dikenakan. Jika saat penyerahan memori jabatan di Istana Wakil Presiden, Senin (21/10), ia mengenakan pakaian formal dengan jas dan celana bahan, kali ini Ma'ruf kembali dengan gaya pakaian sehari-harinya, yaitu jas, syal putih, dan sarung berwarna hitam dan biru.
Sidang kabinet dimulai pukul 10.00 WIB.

Ada sejumlah hal yang disampaikan oleh Jokowi terkait apa-apa saja yang harus dikerjakan selama 5 tahun ke depan.

Jokowi juga mengingatkan bahwa tidak ada visi misi menteri. Ia menegaskan, menteri harus mengikuti visi misi presiden dan wakil presiden dalam menyusun kebijakan dan keputusan.

"Bahwa tidak ada visi misi menteri, yang ada adalah visi misi presiden dan wakil presiden. Tolong dicatat. Karena dalam lima tahun lalu, ada 1, 2, 3 menteri yang masih belum paham," kata Jokowi.

Sidang kabinet berlangsung selama sekitar 2 jam, dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Usai sidang kabinet, para menteri terlihat bercengkerama dengan Jokowi dan juga Ma'ruf.

Sebelum meninggalkan ruang rapat, sejumlah menteri seperti Menkominfo Johnny G Plate, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dana Menteri Keuangan Sri Mulyani mendatangi Ma'ruf dan bersalaman dengannya.***