TEBINGTINGGI - Pemerintah Kota Tebingtinggi kembali berhasil menyajikan Laporan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2018.

Oleh karena itu, Kementrian Keuanganpun lantas memberi penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) kepada kota yang dipimpin Walikota Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM - Wakil Walikota Ir H Oki Doni Siregar.

Prestasi berupa piagam penghargaan itu diterima langsung oleh Wawako Ir H Oki Doni Siregar dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi dalam rangkaian Rakorda Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Wilayah Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (23/10/2019) kemarin.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutannya menekankan agar capaian prestasi yang diraih dapat dipertahankan. Daerah yang belum memenuhi, dapat terus mengejar ketertinggalannya.

Edy mengingatkan, peningkatan masif perlu dilakukan bagi seluruh Pemda agar mampu meraih WTP dari BPK.

"Ini merupakan kewajiban, bila menemukan kesulitan maka ada lembaga yang siap membantu, tahun ini jumlah penerima WTP bertambah dari 14 menjadi 17," jelasnya.

Imbauan senada diucapkan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumut Tiarta Sebayang. Kepada daerah yang belum meraih pernghargaan, dia meminta untuk selalu belajar dari daerah peraih WTP.

Tahun 2020, menurut Tiarta menjadi tahun penting untuk mendukung pembangunan menjalankan pemerintahan efektif dan efisien terkait laporan keuangan.

Direktur Akutansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat Jendral Kemenkeu RI, R Wiwin Istanti pun bicara, bahwa WTP bukan tujuan akhir. Disamping itu, laporan pertanggung jawaban menjadi hal penting sebagai laporan perencanaan pengaggaran periode mendatang.

Wiwin Istanti juga membeberkan, disamping Pemerintah Daerah, 5 lembaga/instansi di Provinsi Sumut juga meraih penghargaan
dari Kanwil DJPb sebagai Unit Akutansi Pembantu pengguna Anggaran Wilayah (UAPPAW) kategori penyusunan laporan keuangan tingkat wilayah terbaik periode tahun 2018.

Kelima lembaga/instansi tersebut adalah Pengadilan Tinggi Agama Medan, Kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara Sumut, Pengadilan Tinggi Medan, BPS Provinsi Sumut dan Kanwil BPN Provinsi Sumut.

Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD atas keberhasilan yang dicapai tersebut dan menjadi menjadi semangat untuk mengoptimalkan kinerja dalam bekerja.

Rakorda tersebut dihadiri Direktur Akutansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat Jendral Kemenkeu RI, R Wiwin Istanti, Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumut Tiarta Sebayang, para Bupati /Walikota se-Sumut, Kepala BPKA Sergai dan pejabat terkait lainnya dari kabupaten/kota se-Sumut.

Berikut daerah Kab/Kota selain Kab Sergai di Sumatera Utara yang meraih WTP, antara lain :

1. Pemprov Sumut,
2. Pemko Gunungsitoli,
3. Pemko Sibolga,
4. Pemkab Serdang Bedagai
5. Pemko Binjai,
6. Pemkab Toba Samosir,
7. Pemkab Padanglawas Utara,
8. Pemkab Samosir,
9. Pamkab Batubara,
10. Pemkab Humbanghasundutan,
11. Pemkab Deliserdang,
12. Pemkab Labuhanbatu Selatan,
13. Pemkab Dairi,
14. Pemkab Taput,
15. Pemkab Asahan
16. Pemkab Tapsel.