SERDANG BEDAGAI - Polres Serdang Bedagai menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Toba 2019 selama 14 hari ke depan terhitung 23 Oktober hingga 05 November 2019. Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, perwira apel AKP Haris Sihite dan Komandan Apel Ipda Andi Sujendral.

Kegiatan ini dipusatkan di lapangan Mapolres Sergai pada Rabu (23/10) sekira pukul 08.00.

Peserta apel Barisan Perwira Polri, POM dan Provos, TNI, Sat Sabhara dan Satpol Air, Satlantas, Stuff Polres Sergai, Polsek Jajaran, Satreskrim Dan Satnarkoba, Intelkam, Satpol PP Dan Dinas Perhubungan.

Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu dalam amanatnya membacakan intruksi Kapolda Sumut mengatakan, permasalahan bidang lalu lintas di Sumut khususnya di Kota Medan, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang tidak sebanding dengan perkembangan jumlah dan pembangunan infrastruktur jalan yang ada.

Dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban
dan kelancaran berlalu lintas serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan lalu lintas.

"Polda Sumut beserta jajaran menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan ZEBRA Toba 2019 selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019," kata AKBP Juliarman.

Pelaksanaan Operasi Zebra 2019 ini menekankan 7 prioritas pelanggaran seperti menggunakan handphone saat berkendara, mengemudi melawan arus, mengendarai kendaraan berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak memakai helm, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/ mabuk, dan mengemudi kendaraan bermotor melebihi batas kecepatan.

Di akhir amanatnya, Kapolres Sergai meminta kepada seluruh personel, agar selalu memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas.

"Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada dan Hindari tindakan pungli. Laksanakan operasi ini dengan simpatik dan humanis 3S dan lakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat yang dapat menurunkan citra Polri. Jadilah teladan dalam berlalu lintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat," ungkap AKBP Juliarman.

Dalam apel ini turut hadir, Kajari Sergai, Jabal Nur, Waka Polres Sergai, Kompol Gunawan Heri Sudarto, mewakili Bupati Sergai yaitu Asisten I Pemkab Sergai Fajar Simbolon, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sergai dr. Bulan Simanungkalit, Kepala Dinas Perhubungan Sergai, Manutur Parulian Naibaho, Mewakili Dandim 0204/DS yaitu Danramil Sei Rampah, Lettu Inf Yasir.