TAPUT - Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, melantik Indra Sahat Simare-mare sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Taput. Sementara, Bontor Hutasoit, dipercaya mengisi jabatan sebagai Kepala Dinas Pendidikan.

Kedua pejabat itu dilantik di Balai Data Kantor Bupati, Tarutung, Rabu (23/10/2019).

Dalam Keputusan Bupati Nomor 903 tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Indra Simaremare diangkat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Taput. Di mana, sebelumnya dia duduk sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Pelaksana tugas Kadis Pendidikan Taput.

Sementara itu, Keputusan Bupati Nomor 902 tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Kadis Pendidikan Taput Bontor Hutasoit yang sebelumnya duduk sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah.

Dalam arahannya Bupati mengucapkan selamat bertugas kepada dua pejabat tersebut seraya berharap mampu melaksanakan tugas dengan maksimal dan selalu rendah hati.

"Pengalaman kerja Saudara mestinya sudah merupakan modal yang layak untuk mengemban jabatan ini. Harus selalu rendah hati, karena jabatan ini merupakan pemberian Tuhan. Tunjukkan loyalitas dan integritas dalam melaksanakan tugas," tandasnya.

Kepada Sekda, Bupati menekankan beberapa hal yang menjadi fokus pekerjaan, terutama pada 5 sektor untuk mewujudkan visi Tapanuli Utara, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, infrastruktur dan pariwisata.

"Saudara yang memimpin 8.000-an ASN dan honorer harus mampu berjuang keras mendukung dalam mewujudkan visi, terutama pada 5 sektor tersebut. Jabatan Sekda bukan hanya administrasi, tetapi juga meliputi sosial budaya, realisasikan Galeri UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) serta mempersiapkan terkait peraturan-peraturan Daerah," terangnya.

Kepada Mindo Arta Siahaan istri Indra Simaremare, yang turut hadir pada kesempatan tersebut, Bupati mengimbau agar selaku Ketua Dharmawanita diharapkan mampu mendukung kerja suami dan selalu aktif mendampingi Ketua PKK.

Sementara itu, kepada Bontor Hutasoit selaku Kadis Pendidikan, Bupati berpesan agar mampu bergerak cepat melaksanakan program serta terobosan dalam mewujudkan SDM Unggul, pemerataan guru, pembenahan fisik sekolah, pelatihan kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru.

"Buat suatu sistem yang mampu berjalan dengan baik sesuai tupoksi, sehingga jelas diatur siapa melakukan apa. Perlu juga dipersiapkan agar setiap sekolah harus memiliki kelas unggulan terutama pada SMP. Lakukan pembinaan terhadap sikap siswa, sehingga memiliki attitude yang baik. Siswa harus memiliki jiwa ksatria, nasionalis, jiwa Pancasila dan pemahaman wawasan nusantara," pungkas bupati.

Turut hadir pada pelantikan tersebut para Forkopimda/mewakili, Staf Ahli Bupati, Asisten, para pimpinan OPD.