283 Cakades se Palas Siap Jaga Tahapan Pilkades Secara Damai

283 Cakades se Palas Siap Jaga Tahapan Pilkades Secara Damai
Calon Kepala Desa menandatangani komitmen deklarasi Pilkades damai yang disaksikan Sekda Palas Arpan Nasution dan Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto, Kadis PMD Palas H.Hamzah, para Kapolsek, Danramil dan Camat se Palas
Rabu, 23 Oktober 2019 21:11 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution

PALAS - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), menyelenggarakan deklarasi damai sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) daerah Kabupaten Palas Tahun 2019.

Deklarasi Damai yang dilaksanakan di Asrama Haji Sibuhuan, Rabu (23/10/2019), diikuti 283 calon Kades dari 100 desa di 12 Kecamatan se Kabupaten Palas meliputi Kecamatan Aek Nabara Barumun sebanyak 10 desa, Kecamatan Barumun sebanyak 5 desa, Kecamatan Barumun Selatan sebanyak 5 desa, Kecamatan Ulu Barumun sebanyak 6 desa, dan Kecamatan Lubuk Barumun sebanyak 11 desa.

Selanjutnya, Kecamatan Sosopan sebanyak 10 desa, Kecamatan Sosa sebanyak 8 desa, Kecamatan Hutaraja Tinggi sebanyak 10 desa, Kecamatan Batang Lubu Sutam sebanyak 8 desa, Kecamatan Barumun Tengah sebanyak 14 desa, Kecamatan Huristak 7 desa dan Kecamaan Sihapas Barumun sebanyak 7 desa, dengan jumlah keseluruhan peserta calon kepala desa sebanyak 283 orang.

Deklarasi damai ini dipimpin langsung Bupati Palas diwakili Sekda Arpan Nasution bersama Waka Polres Tapsel dan jajaran Forkopimda, Asisten III dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), dan Kepala Kantor Kesbangpol.

Ads
Dalam deklarasi tersebut, di antaranya, para calon Kades sepakat bersama sama akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara damai, terselenggaranya Pilkades serentak 2019 secara demokratis yang lebih baik bagi masyarakat.

Selain itu, calon Kades bersedia mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak 2019. Para calon Kades sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2019.

Kemudian, para calon Kades bertekad untuk siap menang dan siap kalah dalam gelaran Pilkades serentak 2019. Bahkan, para calon Kades tidak akan melakukan pelanggaran hukum, baik pidana maupun perdata dalam kampanye ataupun tahapan Pilkades lainnya serta para calon Kades dan para pendukung tidak akan berbuat anarkis dan senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkades serentak 2019.

Usai pengucapan deklarasi, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah deklarasi masing-masing calon Kades dari masing-masing kecamatan yang disaksikan Sekda Palas Arpan Nasution, Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto, Camat, Danramil dan Kapolsek.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sekda Palas Arpan Nasution, mengajak seluruh calon kades menjaga pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak agar bisa berjalan aman, tertib dan lancar.

Melalui deklarasi kesepakatan damai, lanjut Sekda mengimbau, seluruh calon kades diharapkan tetap menjaga kondisi damai dan kondusif.

"Semua calon Kades mampu mengendalikan diri dan berpikir secara objektif, jika tidak terpilih dan panitia selalu menekankan netralitas dan integritas dalam penyelenggaraan Pilkades," pesan Sekda kepada Panitia Pilkades.

Senada dengan itu, Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto meminta seluruh calon Kades berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama pelaksanaan Pilkades serentak berlangsung.

Kata Kompol Jumanto, pihaknya siap mengawal kesuksesan pesta demokrasi tingkat desa di Kabupaten Palas Tahun 2019.

"Kami bersama seluruh jajaran TNI, baik Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, siap mengawal kesuksesan Pilkades serentak," tegasnya.

Jumanto mengungkapkan, dengan adanya deklarasi damai diharapkan semua pihak dapat menjaga sebaik-baiknya agar kondusifitas wilayah tetap terjaga.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Palas H.Hamzah Nasution menyatakan, dengan adanya deklarasi damai diharapkan pelaksanaan Pilkades serentak 2019 yang dilaksanakan pada 30 Oktober mendatang bisa berjalan lancar, aman dan damai, serta menghasilkan Kades yang berkualitas sesuai harapan masyarakat.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Politik, Sumatera Utara, Padang Lawas
www www