PRINGSEWU - Gowes Nusantara 2019 hadir di Kabupaten Pringsewu, pada Minggu (20/10/2019). Kegiatan yang merupakan bagian dari program Ayo Bergerak Kemenpora yang memmiliki tagline "Di Mana Saja, Kapan Saja, Bersama Siapa Saja" itu diikuti hingga 3000 orang. Staf ahli hukum olahraga Kemenpora Samsudin bersama Bupati Pringsewu, KH Sujadi memimpin langsung pelepasan pegowes yang mengambil startdan finish di halaman pendopo Pringsewu.dengan menempuh jarak lebih dari 10 kilometer mengelilingi Kota.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pringsewu yang telah bersedia menjadi tuan rumah. Ini luar biasa karena disambut kemeriahan peserta yang banyak. Doorprize-nya juga melimpah. Ini membuktikan bahwa olahraga benar-benar dibutuhkan masyarakat,” ujar Samsudin dalam sambutannya.

Lebih lanjut Samsudin juga mengatakan bahwa dengan berolahraga akan menumbuhkan energi, hidup juga akan lebih bugar dan sehat. Samsudin berharap kegiatan ini tidak hanya untuk saat ini saja.

Bahkan, masyarakat Kabupaten Pringsewu diharapkan untuk dapat lebih menggiatkan bersepeda. Baik itu ke tempat kerja, bisnis ke tempat apa saja. “Karena dengan bersepeda akan menambah kesehatan badannya. berpikir cerdas dan sehat. Terima kasih kepada pemerintah Pringsewu yang sudah bersedia menjadi tuan rumah kegiatan Gowes Nusantara dari Kemenpora,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pringsewu, KH Sujadi mengaku bangga karena Pringsewu diberi kepercayaan untuk menjadi salah satu lokasi penyelenggaran Gowes Nusantara 2019 ini.

Sujadi menegaskan bahwa partisipasi ribuan masyarakat pada Gowes Nusantara di Pringsewu menjadi bukti bahwa program Ayo Olahraga dari Kemenpora mampu menjadi pemersatu masyarakat. “Semoga Gowes Nusantara ini mampu menjadi pemersatu bangsa terutama bagi masyarakat Pringsewu,” ujar Sujadi dalam sambutannya.

Sujadi juga mengajak masyarakat Pringsewu agar lebih sering berolahraga. Karena, “Akal yang sehat itu berada pada jasad yang sehat. Di dalam jasad yang sehat terdapat hati yang sehat pula," ujarnya.

Sujadi juga berharap ke depan agar Kemenpora lebih sering menggelar kegiatan yang bersifat nusantara di Pringsewu. “Dengan senang hati kami siap menerima menjadi tuan rumah. Pokoknya kegiatan yang sifatnya nusantara silakan selenggarakan di Pringsewu saja,” ujarnya.

Selanjutnya, Sujadi mengatakan kegiatan Gowes Nusantara dari Kemenpora yang pertama kali di Pringsewu ini cukup unik.

“Even di Pringsewu ini memang terbilang cukup unik, karena kegiatannya olahraga tetapi doorprize-nya, malah sapi, kambing, hamil pula. Jadi bagi yang mendapatkannya, untungnya dua kali. Selain itu ada juga hadiah lainnya seperti sepeda dan peralatan elektronik. Jadi sehabis gowes jangan langsung pulang, balik lagi ke sini, sapinya sudah menunggu,” beber Sujadi disambut tawa para peserta gowes.

Sebelum peserta Gowes Nusantara dilepas, ribuan orang mulai dari anak-anak hingga orang tua yang berkumpul di halaman pendopo Pringsewu terlebih dahulu melakukan senam. ***