JAKARTA - Aroma tidak sedap (Bau Septic Tank) dari toilet pria, yang terletak di samping ruang media center DPR RI, masih terasa hingga hari ini, Senin (21/10/2019). Saat ini, toilet tersebut sedang tidak dapat dipergunakan. Air rembesan yang sempat membasahi ruang media center sudah tidak terjadi lagi. Namun baunya masih tersisa meski sudah dibersihkan petugas.

"Baunya masih. Toilet lagi nggak bisa dipergunakan. Jadi jauh kalau mau buang air," kata seorang petugas bersih-bersih di ruang media center.

Sumber bau septic tank di Gedung DPR RI, yakni toilet pria di Nusantara III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hingga hari ini Senin (21/10/2019) tak kunjung diperbaiki.

Dari pantauan GoNews.co, toilet sumber petaka pada pelantikan Presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin Minggu (20/10/2019) kemarin, masih ditutup alakadarnya dengan dua pot bunga dan satu standing banner.

Pintu topilet bahkan tidak dikunci sama sekali. Rusaknya toilet tersebut juga menyulitkan para pegawai dan wartawan khususnya laki-laki yang ingin buang air kecil.

Hal ini diungkapkan wartawan Jurnas.com, Marlens Sitompul, yang mengaku kesulitan saat ingin membuang air kecil. "Jauh mas, harus ke Nusantara II atau ke Nusantara IV, kadang kita sudah kebelet harus mutar jauh," ujarnya.

Sebelumnya, kejadian ini sudah dilaporkan ke pihak Kesekjenan DPR untuk diperbaiki. Hal ini diungkapkan seorang petugas bersih-bersih di ruang media center. "Sudah kita laporkan sejak Jumat lalu," tandasnya.

Dilansir dari Realitarakyat.com, pengamat politik dan anggaran Uchok Sky Khadafi menilai kinerja Sekjen DPR RI, Indra Iskandar bikin citra DPR hancur. Sebab mengurus toilet saja Sekjen DPR tidak becus.

"Memalukan! Sekjen DPR RI memelihara toilet saja nggak bisa, malu-maluin Ketua DPR baru," kata Uchok.

Uchok pun meragukan Sekjen DPR RI bisa mengurusi keperluan Ketua DPR RI, Puan Maharani jika mengurus soal toilet saja tidak becus. "Kalau nggak bisa urus toilet, Sekjen bagaimana mau urus putri Puan Maharani," kata Uchok.

Untuk diketahui, pada saat pelantikan presiden - wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, ruang media center Gedung Nusantara III Dewan Perwakilan Rakyat diterpa bau tak sedap.

Bau tersebut berasal dari rembesan air dari toilet pria, yang terletak di samping ruang media center. Bau itu sudah tercium sejak sekitar pukul 10.00 WIB, Ahad, 20 Oktober 2019. Sejumlah petugas tampak mengepel lantai yang terkena rembesan air itu. Namun, bau tak kunjung hilang hingga menjelang pukul 15.00 WIB. Aroma tak enak itu sempat hilang, tapi kembali meruap.

Bau menyengat dan rembesan air itu berasal dari sebuah toilet yang jebol hingga air septic tank meluap ke luar. "Harus ditutup (toiletnya), kalau enggak keluar-keluar lagi," kata petugas tersebut.

Para awak media dari dalam dan luar negeri yang berada di dalam ruangan pun memasang masker penutup hidung. Beberapa lainnya memilih ke luar ruangan.***