DEPOK - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Harry Warga Negara rencana akan bertemu dengan Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan PMK, Nyoman Suwida di Kantor Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Jakarta, Senin (21/10/2019). Dalam pertemuan itu, Harry Warga Negara akan melaporkan penambahan cabang olahraga (cabor) dan jaminan bonus bagi atlet mandiri yang memperkuat Kontingen Indonesia pada SEA Games XXX di Filipina, 31 November hingga 12 Desember 2019

Semula Kontingen Indonesia rencananya akan mengikuti 45 dari 56 cabor yang dipertandingkan pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Ternggara tersebut. Namun, empat cabor olahraga seperti anggar, underwater hockey, sailing, dan floor ball ingin bergabung memperkuat Kontingen Merah Putih dengan biaya sendiri.

"Saat menghadap pak Nyoman Suwida, kita akan melaporkan adanya penambahan cabor dai 45 menjadi 49 cabor yang akan diikuti pada SEA Games Filipina 2019 sehubungan tambahan 4 cabor dan keberadaan 4 atlet mandiri (2 atlet petanque dan 2 atlet sailing) atau dengan biaya sendiri yang ingin ikut memperkuat Kontingen Indonesia,'' kata Harry Warga Negara saat mengunjungi pelatnas golf di Emerald Golf Courses, National Golf Training Center Jl Cimanggis Boulevard, Tapos, Depok, Jawa Barat, Minggu (20/10/2019).

Selain penambahan cabor, kata Harry, pertemuan itu juga membahas mengenai masalah bonus bilamana atlet mandiri meraih medali pada SEA Games Filipina 2019. ''Kita akan mengusulkan atlet mandiri untuk mendapatkan hak yang sama dalam masalah bonus jika mereka meraih medali SEA Games 2019 nanti,'' jelasnya.

Masalah penambahan cabor dan adanya jaminan bonus bagi atlet mandiri itu, kata Harry, juga akan dibicarakan dengan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Yuni Poerwanti yang akan dijadwalkan di Kantor Kemenpora Jakarta, Selasa (22/10/2019).

''Yang pasti, kita akan bahas bersama Kemenko PMK dan juga Kemenpora masalah penambahan maupun jaminan bonus atlet mandiri. Setelah rampung, nanti kita bisa memutuskan atau memfinalisasikan, karena kita juga sedang mempertimbangkan masuknya Football putri untuk SEA Games," tambahnya.

Lebih jauh Harry Warga Negara menyebut keinginannya untuk mengunjungi Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) yang diadakan oleh cabang olahraga untuk persiapan menghadapi SEA Games Filipina 2019.

"Saya ingin bertemu atlet, pelatih, manajer dan pengurus induk organisasi (PB/PP) untuk mendengar progres dan persiapan mereka serta berbagai kendala yang dihdapi. Pasalnya, kita sangat berharap mereka mampu meraih prestasi dan mengibarkan Merah Putih di SEA Games Filipina 2019," ungkapnya.

Dia juga berjanji sampai akhir November nanti, akan mengunjungi seluruh cabor yang tengah melangsungkan pelatnas."Kita rencananya akan mengunjungi semua Pelatnas tapi tentunya kita juga harus melihat keterbatasannya. Artinya kalau mereka ada di luar negeri nanti via online saja dan untuk luar kota kami siap untuk kunjungi. Sebisa mungkin kami akan kunjungi semua, dan mungkin besok atau seterusnya kita akan kunjungi 2 sampai 3 cabor dalam satu hari," lanjutnya. ***