JAKARTA - Pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wapres RI Ma’ruf Amin Masa Jabatan 2019-2024 yang digelar dalam Sidang Paripurna MPR, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2019) menarik perhatian ribuan awak media dari berbagai media massa cetak, online dan elektronik baik nasional dan internasional.  Terlihat hampir seluruh media massa nasional dan intenasional menyemut memadati area depan dan samping Gedung Nusantara yang menjadi pusat acara, selebihnya banyak awak media massa yang menyebar mencari bahan berita di seputaran Gedung Parlemen sesuai dengan kode area yang tertera di Id Card khusus peliputan yang telah diterima sebelumnya.

Yang luar biasa dari para pemburu berita ini adalah walaupun area depan dan samping Gedung Nusantara dipenuhi oleh mereka, para awak media ini sangat tertib dan mengikuti semua turan dan prosedur yang sudah ditetapkan. Sering para awak media ini berteriak memanggil narasumber agar bersedia menyambangi untuk diwawancarai, tapi tidak ada satupun yang saling dorong mendorong, semuanya sangat tertib.

Bahkan, narasumber yang menjadi target wawancara telihat ‘enjoy’ walaupun dikelilingi banyak awak media.

Beberapa awak media nasional menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Pelantikan tersebut dengan sangat baik dan sangat membantu media massa menjalankan tugasnya melakukan peliputan.

Di saat Sidang Paripurna berlangsung, ribuan awak media massa nasional dan internasional tersebut terlihat sangat sibuk mengolah bahan berita untuk diserahkan kepada kantor beritanya masing-masing yang kemudian disebarluaskan kepada masyarakat

Beberapa media berita dari beberapa negara seperti ABC-Australia, Nine Network, Xinhua News Agency China, Sidney Morning Herald, Radio Television Brunei, The Yomiuri Shimbun Japan, Radio Television Malaysia, Media Corp. Singapore juga terlihat antusias menempati posisinya yang sudah ditentukan saat melakukan peliputan.

Seorang kameramen dari Xinhua News Agency mengungkapkan walaupun terkendala bahasa untuk memahami semua peraturan dan prosedur saat peliputan dan sesekali ada kekeliruan seperti penempatan kamera namun, banyak yang membantu menjelaskan dengan baik dan ramah.

Antusiasme ribuan media massa dalam dan luar negeri ini tidak lepas dari peran Bagian Pemberitaan Biro Humas Setjen MPR RI dalam mengakomodir keperluan para peliput yang luar biasa besar tersebut. Pelayanan sudah dimulai dari pembukaan registrasi peliputan secara online dan puncaknya penyerahan Id Card khusus pers sehari sebelum acara pelantikan kepada masing-masing awak media yang sudah teregistrasi.***