Sekda Palas : Perkemahan Santri Sarana Pembentukan Karakter Generasi Muda Bertaqwa

Sekda Palas : Perkemahan Santri Sarana Pembentukan Karakter Generasi Muda Bertaqwa
Sekretaris Mabicab Kwartir Cabang Pramuka Arpan Nasution menyematkan tanda peserta kepada santri yang mengikuti perkemahaan pramuka santri
Sabtu, 19 Oktober 2019 18:14 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution

PALAS - Perkemahaan Pramuka Santri Kwartir Cabang Padang Lawas, berlangsung selama empat hari mulai 19-22 Oktober di lapangan Masjid Agung Al Munawwarah Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan mengusung tema "Pramuka Santri Menebar Kebaikan Untuk Indonesia yang Kuat dan Berkarakter" dibuka secara resmi Sekretaris Mabicab Kwartir Cabang Palas, Arpan Nasution ditandai dengan penyematan tanda peserta perkemahan kepada perwakilan santri dilanjutkan pembaiatan dewan juri.

Pramuka santri diikuti santri dan santriwati dari 24 Pondok Pesantren se Kabupaten Palas yaitu Ponpes NU Paringgonan, Al- Hakimiah, Al Amin, Al Mukhlisin, Syek Mhd Dahlan, Al Muktariyah, Rohul Islam, Ja'fariyah, Robiul Islam, Babul Hasanah, Gunung Selamat, Darur Risalah, Ribiatul Istiqomah, Al.Jumhiriyah, Darul Falah, Al Khoir, Darul Ma'arif, Al Fakih Babus Salam, Al Mustajabah, At Tohiriyah, Al Ansor, Syakira, Dinul Khoiriah, dan Ali Baharuddin.

Sekda Palas Arpan Nasution mengatakan, kegiatan yang diisi berbagai kreatifitas, edukatif, inovatif, ini sangat strategis sebagai sarana penempahan karakter yang sangat strategis khususnya bagi Pramuka penegak dan pendega.

Ads
Lebih dari itu, kata Sekda, perkemahaan ini merupakan upaya pembinaan generasi muda dalam upaya memupuk rasa persahabatan, persaudaraan dan perdamaian yang menjadi simpul pengikat rasa persatuan dan kesatuan.

"Kegiatan ini merupakan sarana penempahan karakter kaum muda yang bertaqwa," kata Arpan.

Sekda berpesan, sebagai generasi muda agar terus berkarya, berkereasi, dan berprestasi meningkatkan keimanan serta ketaqwaan.
Untuk itu, dirinya mengajak untuk melawan godaan yang dapat merusak seperti narkoba, pergaulan bebas dan perilaku anarkis. Namun selalu mencintai dan menyelamatkan lingkungan bumi dan tanah air.

"Aktiflah gerakan Pramuka dalam menanam pohon guna menyelamatkan lingkungan dari pencemaran serta jaga kebersihan di bumi perkemahaan khusus di lingkungan Masjid Agung Al Munawwah Sibuhuan," pinta Sekda.

Sebelumnya, Ketua Panitia Perkemahan Pramuka Santri, KholilLuddin Hasibuan mengatakan, peserta yang mengikuti perkemahaan berjumlah 889 anggota Pramuka terdiri dari penegak putra, 381 orang dan putri 390 pembina. Putra 32 orang dan putri 41 orang ditambah panitia sebanyak 36 orang dan pembina putri 9 orang.

Kegiatan perlombaan yang dipertandingkan bahasa Arab, bahasa Inggris, Takfiz matan Jurmiyah dan Rubbiyah, Syalawatan, senam santri, smaphore, pionering dan Deville Pramuka.

Hadir di kegiatan perkemahaan santri ini yakni Kamabiran yang juga Camat se Palas, Pimpinan Ponpes, pimpinan OPD, Kakan Kemenang Palas Amran Hasibuan dan seluruh pengurus Kwartur Cabang Gerakan Pramuka Palas.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Peristiwa, Sumatera Utara, Padang Lawas
www www