LABUHANBATU - Pagelaran budaya 4 etnis sekaitan dengan meriahkan Hari Jadi ke 74 Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, resmi dibuka Bupati Labuhanbatu diwakili Asisten Pemerintahan Nasrullah, Jumat (18/10/2019) malam di panggung utama Lapangan ex Pasar baru Rantauprapat. Keempat etnis tersebut antara lain etnis Karo, Pak-Pak Dairi, Melayu dan etnis Nias.

Asisten Pemerintahan Nasrullah, pada pembukaan pagelaran budaya tersebut mengucapkan terima kasih kepada ketua-ketua etnis, baik itu etnis Melayu, Pak-pak Dairi, Karo dan Nias yang pada malam hari ini menampilkan pagelaran-pagelaran.

"Untuk itu kepada masyarakat kami, mari kita lihat pagelaran-pagelaran ini, mungkin kita dapat menilai bahwa pagelaran ini adalah untuk menyatukan masyarakat yang ada 12 etnis di Kabupaten Labuhanbatu. Kiranya nanti kita dapat lebih baik mendengarnya, lebih baik melihatnya dan lebih baik menontonnya dan mari kita jaga bersama keamanan selama berlangsungnya kegiatan-kegiatan yang berlangsung di daerah ini," pesan Nasrullah.

Sementara, Ketua Panitia Pagelaran Budaya Labuhanbatu Ade Huzaini, SE dalam laporannya menjelaskan, pagelaran budaya ini berlangsung dari tanggal 18 s/d 20 Oktober 2019.

Pagelaran budaya ini juga diisi oleh etnis Jawa, Tionghoa, Simalungun dan etnis Tapanuli Selatan.

"Selanjutnya pada malam ketiga akan disampaikan pagelaran budaya yang diisi oleh etnis Sunda, Minang, Aceh dan Batak Toba," jelas Kadis Porabudpar ini.

Pada kesempatan itu masing-masing ketua etnis, baik itu Ketua Etnis Melayu Tengku Mizwar, Ketua Etnis Karo Muktar Pinem, Ketua Etnis Nias BS Nazara dan Ketua Etnis Pak-Pak Dairi HS Cibro dalam sambutannya secara bergantian mengucapkan selamat Hari Jadi ke 74 Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu.

"Semoga Labuhanbatu makin jaya, rakyatnya semakin makmur, tanahnya semakin subur, penduduknya pandai bersyukur atas nikmat yang Tuhan tabur serta kita semua sehat dan panjang umur," ungkap mereka.

"Bukan kampak sembarang kampak, tapi kampak membelah batu. Bukan Pak-pak sembarang Pak-pak, tapi Pak-pak datang membangun Labuhanbatu," timpal perwakilan etnis Pakpak Dairi menambahkan.

Pagelaran Budaya tersebut dihadiri Kadis Pendidikan H. Sarimpunan Ritonga, Kadis Kominfo Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap, ST dan sejumlah Kepala OPD serta disaksikan ribuan warga masyarakat yang datang dari segala penjuru.