TOBASA - Menjelang pesta demokrasi Pemilukada serentak tahun 2020 di Kabupaten Toba Samosir, saat ini berbagai kalangan hadir dan mendaftarkan diri ke partai politik untuk meraih dukungan Parpol untuk mengusung pasangannya menjadi Calon Bupati/Calon Wakil Bupati Tobasa. Kali ini, pasangan Bacabup (Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati) Simson Panjaitan dan Tota Manurung menyelesaikan pendaftaran dan menyerahkan berkas ke Partai Nasdem, Sabtu (19/10/2019) pagi di dampingi beberapa timnya.

Sehari sebelumnya, pasangan Simson - Tota juga telah mendaftarkan ke Partai Politik Perindo dan PKB.

Usai mendaftarkan diri ke Partai Nasdem di Tambunan, Kecamatan Balige, pasangan Bacabup Simson - Tota mengadakan jumpa pers di Hotel and Resto Toba Rose di tepian Danau Toba Lumban Silintong, Kecamatan Balige.

Dalam keterangannya, Simson dan Tota menyampaikan, mereka hadir di Toba Samosir untuk mewujudkan mimpi masyarakat Toba Samosir, sesuai dengan tagline pada visi misi mereka untuk membawa Toba Samosir kedepan menjadi Tobasa MANTAP (Mandiri, Aman, Nyaman, Transparan, Adil dan Pasti).

"Tobasa ke depan, bila kami dipercaya oleh warga Toba Samosir menjadi Parhobas sesuai dengan tagline visi dan misi kami, Tobasa harus mandiri dalam segala hal, utamanya dari sektor pangan melalui peningkatan sumber daya bidang pertanian, perikanan dan peternakan," akunya.

Maka dari itu, pasangan Simson - Tota harus bekerja membangun kemandirian dalam sektor ekonomi.

"hal ini tentunya melalui peningkatan dan pembinaan UMK dan UMKM serta penataan insdustri rumah tangga dengan menjamin stabilitas harga," sebut Simson.

Selain soal kemandirian, Simson - Tota juga memfokuskan perhatiannya untuk keamanan Tobasa dari premanisme, narkoba secara khusus dari korupsi.

Untuk bidang Keamanan ini akan disinergikan pembangunannya dengan kenyamanan Toba Samosir yang akan diimplementasikan dengan menjaga kebersihan, penataan lingkungan, pengembangan pariwisata, pembangunan insfrastruktur, secara khusus kenyamanan dari sektor pelayanan publik.

"Ke depan pemerintahan ini di masa kita kelak, bila terpilih menjadi Bupati/Wakil Bupati di Tobasa, pemerintah daerah harus membuka diri dalam hal soal transparansi anggaran dan penggunaannya serta harus melakukan reformasi birokrasi," sebutnya.

Mereka juga akan memfokuskan perhatian dan pemikiran dalam hal peningkatan pemeratan pendidikan, kesejahteraan buruh dan pelayanan kesehatan.

Untuk itu hal yang 'Pasti' akan dilakukan dan dilaksanakan Simson - Tota adalah yang tercantum dalam visi misi "Tobasa MANTAP" sebagai kepastian Hukum yang telah tertuang akan kepastian pengakuan tanah, kepastian investasi dan semua itu pasti dikerjakan untuk Toba Samosir khususnya bagi bangsa dan negara.

"Kita adalah kolaborasi Akademisi - Birokrat. Beliau ini adalah akademisi dan merupakan Wakil Rektor di Universitas Pertamina, sementara saya adalah seorang dokter ASN," lanjut Tota mengakhiri pernyataan mereka.