LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe canangkan 5 upaya Pemkab mewujudkan masyarakat maju dan sejahtera pada hari jadi ke 74 Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sekaligus membuka Expo Labuhanbatu tahun 2019, Kamis (17/10/2019) di Lapangan Eks Pasar Baru Rantauprapat. Bupati mengungkapkan, upaya tersebut yaitu ekonomi kerakyatan, membuka dan menetapkan jalan Desa/Kelurahan dalam Kabupaten dan pembangunan Bandara, penataan Ibukota Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan/Desa, memantapkan kualitas SDM melalui pendidikan formal dengan pemberian beasiswa, serta meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas di Puskesmas dan RSUD.

"Saya harapkan kepada seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu serta seluruh lapisan masyarakat turut mensukseskan 5 upaya yang telah dicanangkan, saya mengajak kepada kita untuk merenungkan kembali sejarah panjang perjalanan terbentuknya Labuhanbatu," ungkap Bupati.

Lebih lanjut Andi Suhaimi mengatakan, usia 74 tahun bagi sebuah Kabupaten menyimpan banyak kisah dan peristiwa yang penuh perjuangan, tantangan dan hambatan yang tentunya akan membuat kita semakin dewasa. Diharapkan hari jadi ini menjadi sarana evaluasi dan introspeksi atas langkah yang telah ditempuh selama ini.

"Peringatan hari ini, mari kita jadikan sumber inspirasi untuk mambangun Labuhanbatu masa yang akan datang sesuai dengan tema semangat hari jadi Pemkab Labuhanbatu ke-74, kita lanjutkan reformasi birokrasi menuju Kabupaten lebih maju dan berprestasi," sebut Andi Suhaimi.

Terakhir, Bupati Labuhanbatu mengajak semuanya untuk merapatkan barisan dalam membangun Labuhanbatu sesuai dengan visi dan misi pembangunan daerah yang tercantum dalam Perda RPJMD Tahun 2016-2021.
"Kepada segenap masyarakat mari bersama-sama memeriahkan semua even yang ada, semoga momentum ini dapat mempererat silahturahmi sesama kita," pintanya.

Laporan Panitia Asisten Administrasi Umum H. Nasrullah SH, M.AP, menjelaskan, kegiatan hari jadi Pemkab Labuhanbatu dibagi menjadi 4, yaitu, rapat Paripurna di Gedung DPRD, resepsi hari jadi di lapangan eks pasar baru Rantauprapat, pelaksanaan pameran investasi serta pagelaran 12 etnis dimulai tanggal 18 sampai 21 Oktober.

"Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untun menumbuhkan rasa kebersamaan serta silahtirahmi antara Pemkab dengan seluruh stakeholder yang ada, guna mewujudkan pembangunan Labuhanbatu sejahtera 2020, semakin hebat lebih berdaya 2021," jelas Nasrullah.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya, anjangsana ke panti asuhan dan panti jompo, sunat masal, penilaian Kecamatan terbaik 2019, penilaian Kelurahan terbaik, penilaian, Desa terbaik. Selanjutnya kegiatan yang akan dilaksanakan yakni, lomba trabas trail extreme, tarik tambang putra, gala panjang putri, dan bakiak putri, dayung sampan di Kecamatan Panai Hulu.

Kemudian, lomba OPD terbersih dan terkotor, sayembara wartawan, kreasi inovasi OPD, kreasi inovasi masyarakat, gerak jalan santai tanggal 20 Oktober 2019, pameran investasi, serta pemberian bantuan pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dan pemberian buku sejarah asal usul Tanjung Serang Elang ke perpustakaan Desa.

Kegiatan resepsi HUT ke 74 Pemkab Labuhanbatu diwarnai dengan penyerahan hadiah lomba oleh Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe dan dilanjutkan dengan penampilan tari kreasi yang dibawakan siswa-siswi tingkat SMA.