TOBASA - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Toba Samosir Tahun 2020, berbagai Bakal Calon (Bacalon) Bupati mulai muncul dari berbagai kalangan profesi.

Salah satunya yakni Dolok Maringan Panjaitan (51), seorang pengusaha sukses dari Papua yang berdomisili di Jakarta. Putra Desa Hutanamora, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir, turut serta menjadi salah satu peserta bacalon Bupati Toba Samosir.

Dolok menjadi Bacabup didukung oleh para putra-putri Batak perantau di Propinsi Papua salah satu propinsi terluar di belahan bumi Indonesia bagian Timur yang tergabung dalam Komunitas Kerukunan Masyarakat Batak di Papua (KKMBP).

Keseriusan Dolok menjadi Calon Bupati disampaikannya pada saat pagelaran Konser Musik dan Teater bertajuk "Mauas di Aek Ni Tao" (Tarpaima di akka jolma na marbisuk Marroha) yang digelar Putra Batak anak rantau Kabupaten Toba Samosir di Papua yang tergabung dalam Komunitas Kerukunan Masyarakat Batak di Papua (KKMBP), Sabtu (28/09/2019) di Lapangqn Sisingamangaraja XII Balige yang sekaligus merayakan Hari Ultahnya Dolok yang ke 51 tahun.

Acara tersebut dihadiri 2 petinggi Partai PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan dan Junimart Girsang yang juga Anggota DPR RI terpilih periode 2020 - 2025, juga dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Kab.Toba Samosir Mangatas Silaen Anggota DPRD Tobasa terpilih untuk periode 2020/2025.

Untuk menuju Toba Samosir 1 Dolok telah mendaftarkan dirinya sebagai Bakal Calon Bupati kepada beberapa Partai Politik di Kabupaten Tobasa salah satunya ke Partai PDI Perjuangan DPC Tobasa untuk mendapatkan dukungan dan dapat diterima Parpol untuk diusung menjadi calon Bupati Tobasa 2020 - 2025.

Untuk memuluskan niatannya menuju Toba Samosir 1, Dolok menyadari betul akan peran dan fungsi media sebagai corong pemberitaan sebagaimana yang telah dimanahkan oleh UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) No.14 Tahun 2008 dan UU Pers No.40 Tahun 1999. Di mana Media (Insan Pers) adalah sebagai salah satu kontrol sosial di Pemerintahan dan Publik dalam pemberitaan.

Untuk menguatkan niatannya, Dolok bersama timnya mengundang para awak media dari berbagai media cetak, online dan elektronik dalam rangka temu ramah dan silaturahmi serta memperkenalkan dirinya secara langsung kepada awak media sembari memberitahukan akan keseriusan niatannya menjadi Bupati di Kabupaten Tobasa.

Bertempat di Wita Cafe tepian pantai Danau Toba Lumban Silintong Senin (14/10/2019) Dolok M Panjaitan di dampingi beberapa Timnya bertemu dengan sejumlah insan pers yang bertugas di Kabupaten Tobasa dengan topik "Temu ramah dan Silaturahmi serta memperkenalkan diri kepada Insan Pers".

Dalam kesempatan tersebut, Dolok M Panjaitan menyampaikan hasrat dan niatannya ingin mengabdikan dirinya demi untuk kemajuan dan Kemakmuran Kabupaten Toba Samosir ke arah yang lebih maju dari masa saat sekarang, niatannya tersebut akan diwujudkannya dengan menjadi salah satu peserta Pemilukada Tobasa 2020.

"Tentunya semua itu akan terwujud atas restu dan berkat Tuhan, sesuai dengan kehendakNya untuk berkenan mengijinkan saya untuk menjadi pemimpin di Kab.Tobasa yang kita cintai ini juga dengan dukungan dan pilihan masyarakat Toba Samosir nantinya," ucap Dolok.

Untuk meraih harapan tersebut, tentunya juga didukungan media melalui para jurnalisnya secara profesional dalam hal pemberitaan untuk meraih cita citanya meraih Tobasa 1 serta berharap tetap bersahabat dengan para insan pers dari awal hingga nantinya duduk menjadi Bupati dalam menjalankan roda kepemimpinan di Pemerintahan Kabupaten Tobasa.

"Saya siap menanda tangani fakta integritas dengan wartawan dalam kerja sama pemberitaan sesuai dengan UU KIP dan UU Pers demi untuk tujuan memajukan Tobasa ke depan bila kelak dipercaya warga Tobasa menjadi pemimpin di Pemkab Tobasa," terangnya.

"Saya menganut basic kepemimpinan berbasis manajemen profesional, karena saya dalam menjalankan bisnis dan berbagai perusahaan milik saya dengan menggunakan manajemen profesional," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dolok di dampingi Rinto Simanjuntak, Jamel Panjaitan mantan Kadis Diknas Tapanuli Utara, Marlon Napitupulu, Fernando Napitupulu dan salah seorang perwakioan Anak Rantau dari Papua.

Disampaikan Rinto, pertemuan ini bertujuan untuk memperkenalkan diri kepada para insan pers yang bertugas di Tobasa sebagaimana niatan Dolok menjadi salah satu peserta Bakal Calon Bupati pada pesta Demokrasi Pemiluda serentak tahun 2020 di Toba Samosir.

"Mengenai visi misi Bapak Dolok M Panjaitan menunju Toba Samosir 1 akan lebih jelas disampaikan kalau sudah resmi partai yang mengusungnya menjadi Calon Bupati," tegas Rinto.