TOBASA - Warga Desa Parparean II yang diwakili tokoh masyarakat Antonius Silaban mengapresiasi atas keseriusan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dalam penanaman sejuta pohon di setiap Kabupaten se Kawasan Danau Toba, Selasa (15/10/2019). Dia berharap, kegiatan ini hendaknya tidak hanya sekedar menanam, tapi juga harus dirawat supaya tumbuh dengan baik.

"Makin keren saat ini polisi kita, sebab Pak Kapolda sudah memikirkan lingkungan hidup bukan hanya memikirkan Kamtibmas dan penegakan hukum. Untuk itu yang perlu dicamkan bukanlah bagaimana menanam yang banyak, tapi harus dipikirkan bagaimana merawat agar tanaman tersebut tumbuh kembang dengan baik," ujar Antonius.

Deputi GM PT INALUM Indra Welly Srifin dalam sambutannya menyampaikan, pada tiga minggu lalu pihaknya dipanggil Kapolda untuk membicarakan program penanaman pohon ini di pinggiran kawasan Danau Toba.

Oleh Kapolda PT. Inalum diberi kepercayaan dan tanggung jawab untuk menyediakan 250 batang bibit pohon produktif yang harus ditanam di lahan seluas 500 Ha atau 25 persen dari seluruh kegiatan ini.

"Niat mulia Kapolda Sumut ini disambut baik perusahaan dan akan kita dukung pelaksanaan penanaman dan perawatannya sampai nanti bibit tersebut bertumbuh dengan baik, untuk nanti kita wariskan bagi generasi kita selanjutnya," imbuhnya.

Bupati Tobasa Darwin Siagian diwakili Asisten I, Harapan Napitupulu menyampaikan terimakasih kepada Kapolda dan seluruh jajarannya terutama kepada Polres Tobasa.

"Kami siap untuk mendukung penanaman ini hingga tumbuh berjuta pohon di kawasan tepian Danau Toba. Untuk mensukseskan program ini segenap masyarakat dan SKPD jajaran Pemkab Tobasa, kami imbau untuk menggiatkan pelaksanaan gerakan tanaman pohon yang diinisisasi Kapolda Sumut demi kelestarian Alam dan Tangkapan air Danau Toba. Hal ini marilah kita mulai dari lingkungan masing masing. Dan kami mintakan kepada setiap pimpinan SKPD agar melaporkan tanaman yang akan ditanam," imbaunya.

"Kami meminta supaya para Camat agar mengarahkan para perangkat desa untuk ikut menjaga tanaman ini," terang Harapan.

Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo menegaskan tujuan Kapoldasu menggerakkan kegiatan sejuta pohon ini, untuk menjaga kesinambungan tangkapan air ke Danau Toba.

"Niat hati Kapolda benar benar tulus untuk memulihkan alam ini, supaya terjaga suplai tangkapan air di Danau Toba," tegas Agus.

Terkait keberlangsungan kegiatan ini, kata Agus, jika ada yang berusaha merusak atau mencabut tanaman tanpa seizin Kadis Lingkungan Hidup, maka siap diproses secara hukum.

"Kita tidak main main dengan kegiatan ini, jika terus debit air Danau Toba menurun maka kondisi Danau Toba akan semakin buruk," pungkas Agus.

Launching penanaman sejuta pohon ditandai dengan penanaman 200 batang pohon produktif secara symbolik oleh Kapolres Tobasa, Asisten 1 Pemkab.Tobasa Harapan Mapitupulu, Skewan DPRD Kab.Tobasa Resman Sirait, Deputi GM PT. Inalum Indra Welly Srifin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. Mintar Manurung dan Beberapa para Kepala SKPD Pemkab.Tobasa, para Pejabat Jajaran Polres Tobasa dan beberapa undangan lainnya.

Giat ini direkam dan disiarkan secara live streaming dengan Kapoldasu yang melaksanakan kegiatan yang sama di Kabupaten Karo sebagai bentuk laporan atas pelaksanaan tanaman sejuta pohon di Kabupaten Tobasa oleh Polres Toba Samosir.