TOBASA - Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus secara resmi membuka Bursa Inovasi Desa yang dipusatkan di tanah lapang Kecamatan Porsea, Selasa (15/10/2019) pagi tadi. Bursa Inovasi Desa Cluster 3 tersebut diikuti dari 5 kecamatan yakni Kecamatan Porsea, Parmaksian, Uluan, Siantar Narumonda dan Pintupohan Meranti dengan komitmen "Datang, Komit, Tiru dan Maju".

Pada kesempatannya, Hulman Sitorus mengatakan, bahwa setengah APBD Tobasa setiap tahunnya digunakan untuk biaya administrasi tata pemerintahan dan setengahnya untuk pembangunan fisik dan sarana prasarana lainnya yang ditambah dengan Dana Desa (DD) dari pusat yang dikelola langsung oleh Kepala Desa.

"Untuk itu gunakanlah anggaran dana yang sudah diterima desa dengan akurat serta tepat guna. Diantaranya gunakanlah Dana Desa tersebut salah satunya dengan melalui Bursa Inovasi Desa demi peningkatan dan kemajuan ekonomi masyarakat desa," tegasnya.

Menurut Wakil Bupati, inovasi sesungguhnya adalah memandang dan melakukan/melaksanakan sesuatu hal dengan cara baru dan cepat serta tepat guna demi kemajuan dan peningkatan perekonomian masyarakat itu sendiri.

Ketua Bursa Inovasi Desa Toba Samosir Maju, Butarbutar menjelaskan, Bursa Inovasi Desa (BID) ini untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan berbagai pilihan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka pengunaan Dana Desa yang lebih efektif dan Inovatif.

"Juga bertujuan untuk menginformasikan, memperkenalkan berbagai Inovasi yang berkembang serta cara menyelesaikan berbagai permaslahan yang timbul di desa serta menjaring komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau inovasi yang diperoleh dalam Bursa Inovasi Desa (BID)," jelasnya.

Camat Porsea Robert Manurung mewakili 5 Camat peserta Cluster 3 Bursa Inovasi Desa berharap, melalui BID ini kita diharapkan ke depannya akan meningkatkan pengetahuan masyarakat desa dalam hal pengelolaan pelaksanaan berbagai Inovasi di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Kadis PMDP dan PA Hendri Silalahi kepada Gosumut menjelaskan, kegiatan ini merupakan hasil inovasi yang telah diseleksi oleh Kementerian Desa dari berbagai desa di seluruh Indonesia.

"Dengan kegaiatan BID hari ini melalui panitia akan menyajikan berbagai inovasi yang bersumber dan dihasilkan oleh desa desa di Tobasa guna memacu semangat masyarakat untuk semakin berinovasi ke depannya," ujarnya.

Hadir Wakil Bupati Asisten 3 Parulian Siregar, Kadis PMDP dan PA Tobasa Hendri Silalahi, Kadis Kominfo, Lalo H Simanjuntak, Kasat Pol.PP Tito Siahaan, Danramil 13 Porsea Kapt.Inf. Tetap Sihombing, Camat Siantar Narumonra, Camat Uluan, Camat Pintohan Meranti, Camat Parmaksian serta seluruh Kepala Desa, Perangkat Desa dan para BPD dari Cluster 3 dari 5 Kecamatan Tobasa.