PEKANBARU - Dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) mengundurkan diri sebagai dosen PNS di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. Plt Wakil Rektor II UIN Suska Riau, Prof Dr Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, surat pengunduran diri UAS telah diterima oleh pihak rektorat dan sedang proses.

UAS memutuskan mengundurkan diri sbagai dosen PNS di UIN Susks Riau karena waktunya tersita untuk berdakwah.

''Alasannya, karena waktu beliau lebih banyak untuk berdakwah, sehingga terhalang melaksanakan tugas-tugas sebagai PNS. Sebab beliau merupakan dai kondang, bahkan tersohor hingga ke luar negeri,'' kata Supardi, saat dihubungi Goriau.com, Selasa (15/10/2019) malam.

Lanjut Supardi, sebelum memasukkan surat pengunduran diri, status UAS sebelumnya di UIN sedang mengambil cuti melanjutkan pendidikan program S3 selama tiga tahun di di Omdurman Islamic University (OIU), Sudan, dengan Program Studi Konsentrasi Al Suhnah wa Ulumul Hadis.

''Di suratnya tertulis, dia mengundurkan diri karena kesibukannya,'' ucap Supardi.

Supardi sangat menyayangkan keputusan UAS, karena UAS merupakan aset Riau yang pengaruhnya cukup besar. ''Kita memahami tugas-tugas beliau yang dibutuhkan oleh umat. Harus ceramah ke mana-mana. Di sisi lain, sebagai dosen beliau punya kewajiban mengajar. Akhirnya, beliau memilih mundur dari PNS, lantaran tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya,'' tambahnya.

Diungkapkan Supardi, tahun lalu UAS masih melaksanakan tugas mengajar. Namun ia tidak dapat memastikan, kapan terakhir UAS mengajar di UIN. ''Sekitar 7 atau 8 bulan lalu, ya sekitar bulan 1 atau 2 beliau mengambil cuti pendidikan,'' sebut Supardi.

Menurutnya, jika seorang PNS mengajukan cuti pendidikan, setelah usai akan kembali lagi mengajar. Namun lain ceritanya, bila sudah mengundurkan diri. ''Kita tidak bisa menghalangi orang mengundurkan diri. Itu tak masalah, karena itu pilihan seseorang,'' lanjutnya.

Supardi berharap, UAS terus menekuni aktivitas dakwahnya, karena mafaatnya sangat besar bagi umat. Ia juga berharap, UAS menyelesaikan pendidikan S3-nya dengan baik.***