F-MIPA USU Gelar IMC-SciMath 2019

F-MIPA USU Gelar IMC-SciMath 2019
Selasa, 15 Oktober 2019 16:02 WIB
Penulis: Rel
MEDAN - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sumatera Utara menggelar The 1st International MIPAnet Conference on Science and Mathematics (IMC-SciMath) 2019 di Hotel Niagara Parapat, Sumatera Utara.

Konferensi yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Oktober 2019 itu dibuka oleh Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, mewakili Rektor USU.

Turut hadir mewakili Gubernur Sumatera Utara, Kepala Badan SDM Pemprovsu Dr. Kaiman Turnip, sementara yang hadir mewakili Bupati Tobasa adalah Asisten 3 Parulian Siregar.

Adapun tema yang diusung dalam konferensi internasional pertama F-MIPA USU ini adalah “Science and Mathematics Development for a Better Future”.

Ads
Hadir sebagai pembicara kunci dalam kegiatan tersebut, Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof Dr Ismunandar, Prof Isao Watanabe dari RIKEN AICS Jepang, Prof Ludovie Rifford dari Universite Nice Sophia Antipolis France, Prof Dr Mohd Basyaruddin dari Universiti Putra Malaysia (UPM), Prof Dr H Zulkardi, MI, Komp, dari Universitas Sriwijaya, Prof Dr I Nyoman P Aryantha dari Institute of Technology Bandung, Prof Dr Saib Suwilo, M Sc, dari Universitas Sumatera Utara dan Prof Dr Maman A Djauhari, DEA, dari Indonesian Institute of Education.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III USU mengatakan bahwa pihak Rektorat sangat mengapresiasi konferensi internasional pertama yang digelar oleh F-MIPA USU itu. Mengingat kegiatan konferensi akan banyak memberikan peningkatan terhadap jumlah publikasi pada jurnal-jurnal ilmiah terindeks scopus yang dihasilkan oleh para peserta. Yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan ranking Universitas Sumatera Utara di tingkat nasional.

Ketua Panitia The 1st International MIPAnet Conference on Science and Mathematics (IMC-SciMath) 2019, Saharman Gea, S Si, M Si, Ph D, mengatakan, tercatat ada 350 orang dosen dan peneliti yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yang menghasilkan 158 paper dan 6 poster.

Sebanyak 59 peserta di antaranya merupakan Dekan FMIPA dari jumlah total 77 Dekan F-MIPA yang ada di Indonesia, yang sebelumnya hadir dalam rapat tahunan Dekan FMIPA Se-Indonesia.

Acara diisi dengan MIPA forum group discussion, parallel session mathematics dengan pembicara Dr Ir Sri Nurdiati, M Sc (IPB), chemistry dengan pembicara Prof Dr Unang Supratman, MS (UNPAD) dan Dr Teuku M Iqbalsyah, M Sc, physics dengan pembicara Dr Rer Nat Abdul Haris (UI) dan biology dengan pembicara Prof Dr DwiSuryanto, M Sc.*
Editor : Winsyah
Kategori : Gonews Group, Pendidikan, Sumatera Utara, Medan
www www