Bursa Inovasi Desa Terobosan Ide Mewujudkan Kemandirian Desa

Bursa Inovasi Desa Terobosan Ide Mewujudkan Kemandirian Desa
Kadis Pemdes Kabupaten Palas H.Hamzah Nasution menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa untuk Klaster Eks Sosa dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Hutaraja Tinggi
Senin, 14 Oktober 2019 17:40 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution

PALAS - Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Padang Lawas, menggelar Bursa Inovasi Desa Klaster Eks Sosa mencakup Kecamatan Sosa, Batang Lubu Sutam dan Hutaraja Tinggi.

Bursa Inovasi Desa yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Hutaraja Tinggi, Senin (14/10/2019), dihadiri Muspika dan 196 Kepala Desa bersama BPD yang berasal dari 98 desa di wilayah kerja tiga kecamatan serta Tokoh Masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Hamzah Nasution, mengatakan, melalui Bursa Inovasi Desa diharapkan dapat mengembangkan potensi dan inovasi desa yang diaplikasikan untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat di desa.

Hamzah menyayangkan, sesuai penilaian dari TA P3MD Kabupaten Palas, desa-desa yang tersebar di 12 Kecamatan se Palas, masih masuk dalam kategori kelas desa tertinggal.

Ads
"Harapan kita ke depan, dengan adanya Bursa Inovasi Desa ini menjadi indikator untuk mendorong peningkatan, kemajuan dan perkembangan desa menjadi desa yang mandiri dan maju," harapnya.

Kata Hamzah, salah satu yang menarik dari pagu anggaran dana desa tahun 2020, honor kepala desa yang sebelumnya Rp 1.500.000 per bulan mengalam kenaikan yang cukup signifikan menjadi Rp 2.500.000 per bulannya.

Untuk itu, tambah dia, kepala desa diharapkan lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dapat menggali potensi desa untuk dikembangkan sebagai pendorong kemajuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Senada dengan itu, Tim Ahli (TA) P3MD Kabupaten Palas Tamam Harahap menyampaikan, Bursa Inovasi Desa bertujuan pengembangan ide-ide desa yang menyentuh bidang infrastruktur, kewirausahaan serta sumber daya manusia dalam mewujudkan kemandirian desa yang lebih baik.

Melalui bursa ini, harap Tamam, desa bisa membuat komitmen dari menu ide yang disediakan untuk direfleksikan di desa lewat APBdes dengan menggunakan dana desa (DD) tahun 2020.

"Program dana desa bertujuan meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dari ketertinggalan selama ini," tandasnya.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Peristiwa, Sumatera Utara, Padang Lawas
www www