Home >  Berita >  Pendidikan

Di Toba Lake Fiesta 2019 di Parapat, Bupati Simalungun Apresiasi Kapoldasu

Di Toba Lake Fiesta 2019 di Parapat, Bupati Simalungun Apresiasi Kapoldasu
Minggu, 13 Oktober 2019 13:28 WIB
Penulis: Firma Simbolon
SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM menyampaikan apresiasinya kepada Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH dan jajarannya atas kepedulian dan dukungannya yang telah beberapakali melaksanakan kegiatan di Parapat sebagai bukti upaya memajukan pariwisata di kawasan Danau Toba.Hal tersebut disampaikan Bupati didampingi oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Sekdakab Simalungun Drs Gidion Purba dan Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani saat memberikan sambutan pada acara Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 yang dilaksanakan di Pantai Bebas, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sabtu (12/10).

"Menurut Bupati, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat di kawasan danau Toba dan berharap kiranya kegiatan-kegiatan lain bisa terus dilaksanakan untuk mendukung perkembangan pariwisata di danau Toba.

"Beliau (Kapolda) pernah menjabat sebagai Kapolsek di Parapat ini, mungkin atas dasar itu beliau sangat berjuang untuk memajukan pariwisata danau Toba," ujar Bupati.

Ads
Dalam kedatangannya, Kapolda disambut oleh Bupati Simalungun dengan pemasangan gotong dan bulang kepada Kapolda dan Istri yang didampingi oleh Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, Danrem 022/PT Kol Inf Raden Wahyu Sugiarto, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan dan Partuha Maujana Simalungun (PMS) yang dilanjutkan dengan persembahan tarian tor-tor Sombah dan Dihar oleh Himapsi serta tarian 10 etnis Sumatera Utara yang dibawakan oleh Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematang Siantar.

Poldasu Toba Lake Fiesta 2019 sendiri merupakan kegiatan untuk mendukung program Pemerintah dalam mendorong pariwisata skala prioritas di Danau Toba. Gelaran ini merupakan kerjasama Polri, Pemerintah Daerah, PTPN dan stakeholder pariwisata Sumatera Utara bersama Masyarakat untuk bersama-sama memajukan pariwisata nasional danau Toba dengan harapan akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, digelar berbagai perlombaan diantaranya Lomba Perahu Hias dengan Hiasan Etnis Budaya Nusantara, Lomba Solu Parsada sadaan, Lomba Solu Pardua duaan dengan peserta dari seluruh Kawasan Danau Toba dan Sumatera Utara, Lomba Renang, Festival Kuliner, Eksebisi Jetski, Eksebisi ski air, dan Pesona Budaya Sumatera Utara.

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, SIK selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan kebanggaannya sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Poldasu. Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplore kearifan lokal daerah setempat untuk meningkatkan pariwisata danau Toba.

Ditambahkannya, selama 18 hari waktu yang diberikan, tim telah bekerja keras dan atas dukungan dari Bupati Simalungun beserta semua pihak terkait, kegiatan ini dapat berjalan meriah, aman dan lancar.

"Bupati Simalungun merupakan entrepreneur sejati yang banyak memberikan ide dan dukungan untuk kesuksesan pelaksanaan acara ini," ujar Kapolres.

Kapolda Sumatera Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa dampak dari kejadian tenggelamnya KM Sinar Bangun pada 18 Juni 2018 yang lalu telah banyak mengganggu potensi pariwisata di danau Toba, untuk itu Kapolda berharap Pemerintah dan masyarakat harus bekerja bersama menyampaikan keamanan dan kenyamanan berlayar di danau Toba.

"Tugas kita sebagai ~parat juga untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Kapolda.

Program Pemerintah Pusat yang telah memberikan super prioritas pembangunan pariwisata danau Toba hendaknya juga harus didukung dengan maksimal. Mendukung program tersebut, Polda Sumatera Utara dalam waktu dekat juga akan melaksanakan kegiatan penanaman satu juta pohon di Kabupaten Samosir untuk menjaga ekosistem dan debit air yang rencananya akan dilaksanakan diseputaran kawasan danau Toba untuk kesejahteraan masyarakat.

"Cintai dan sayangilah danau Toba ini, mudah-mudahan alam akan membalas apa yang kita perbuat baik kepadanya," tambah Kapolda.

Pada kegiatan tersebut, Kapolda, Wakapolda, Bupati, Danrem 022 PT, Kapolres Simalungun, Dandim 0207 Sml, Dandempom I/I Letkol CPM M Choirun, Ketua DPRD Simalungun dan pejabat lainnya menunjukkan kebolehan memasak nasi goreng yang dilanjutkan dengan penaburan bibit ikan dengan menggunakan Kapal di danau Toba.*
Editor : Fatih
Kategori : Pendidikan, Umum, Simalungun, Sumatera Utara
www www