MEDAN - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) segera melaunching film pendek 'Surat Cinta untuk Tegar', sebuah film yang menggambarkan kuatnya diskriminasi terhadap pengidap HIV/AIDS. "Dalam penggarapan film itu ada peran FK UISU dan Swarnadwipa Production House pimpinan Dini Usman dengan Sutradara Roy Julian. Kita mendukung pembuatan film ini sebagai media edukasi masyarakat khususnya perusahaan, agar jangan melakukan diskriminasi terhadap ODHA," tegas Dekan FK UISU, dr Indra Janis MKT, Sabtu (12/10/2019).

Sebagai institusi, lanjut dr Indra, pihaknya mendukung apa yang dilakukan dr Umar Zein. Apalagi film ini diyakini sebagai edukasi untuk masyarakat agar jangan ada lagi diskriminasi terhadap ODHA.

"Jadi kami ingin memperkuat bahwa pengidap HIV/AIDS tidak perlu ditakuti," terangnya.

Dalam launching nantinya, FK UISU akan mengundang Gubsu, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, serta beberapa Direktur Rumah Sakit di Medan dan nantinya film pendek tersebut akan disebarluaskan ke forum dekan Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI).

"Kita juga sudah komunikasi dengan Pak Umar, film pendek ini nantinya akan kita usulkan ke Kemenkes sebagai bahan sosialisasi HIV/AIDS ke perusahaan-perusahaan atau ke khalayak ramai," bilangnya.

"Kita sangat mendukung pembuatan film ini. Apalagi visi misi kita dan keunggulan kita di FK UISU ini yakni kedokteran tropis, termasuklah HIV/AIDS," tutupnya.