Akses Jalan Desa Sebagai Indikator Meningkatkan Perekonomian Warga

Akses Jalan Desa Sebagai Indikator Meningkatkan Perekonomian Warga
Pjs Kepala Desa Matondang Hendra Hasibuan bersama TPK dan Sekdes melakukan pemantauan pembangunan jalan setapak rabat beton dan plat dekker dan Desa Pasar Ipuh membangun TPT sepanjang 300 meter di lokasi lingkar pemukiman warga
Sabtu, 12 Oktober 2019 19:41 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS - Pentingnya akses jalan desa bagi masyarakat sangat penting dalam menunjang kesejahteraan peningkatan pertumbuhan ekonomi.Demikian halnya yang dilaksanakan di Desa Matondang, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, yang membangun akses jalan lingkar desa untuk kebutuhan warga.

Warga Desa Matondang yang mayoritas sebagian besar berprofesi sebagai petani, baik sawah maupun kebun, sangat membutuhkan adanya akses jalan yang menjadi sarana pendukung untuk mengangkut hasil produksi, sehingga tidak mengalami kesulitan.

Pjs Kepala Desa Matondang, Hendra Hasibuan di dampingi TPK Emra Ahmadi Hasibuan dan Sekdes Arifuddin Hasibuan, Sabtu (12/10/2019) mengungkapkan, akses jalan merupakan salah satu penunjang perekonomian masyarakat, khususnya untuk mengangkut hasil kebun dan pertanian.

Ads
Dikatakannya, pemerintah desa memprioritaskan untuk program pembangunan infrastruktur jalan setapak rabat beton sepanjang 450 meter ditambah plat dekker satu unit.

Selain jalan setapak, lanjut dia, juga dilaksanakan pembukaan jalan baru sepanjang 1300 menuju lokasi perkebunan masyarakat.

"Program pembangunan jalan setapak dan lainya, tentunya menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahun anggaran 2019," terangnya.

Ia berharap, dengan adanya infrastruktur jalan ini dapat membantu warga dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Sementara itu, di Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ulu Barumun, mengalokasi penggunaan dana desa untuk membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 300 meter di lokasi lingkar pemukiman warga.

Ketua TPK Ikbal Muda Nasution di dampingi Ikmah Ramadhan Hasibuan dan Jurman Ali Hasibuan mengatakan, kegiatan pembangunannya sudah dilaksanakan sesuai rencana yang dituang dalam rencana anggaran belanja (RAB) desa.

Kata Ikbal, pembangunan TPT ini untuk keperluan seluruh warga. Dengan adanya bangunan ini, tentu bermanfaat menanggulangi banjir di pemukiman warga jika musim penghujan nantinya.

"Program ini menindaklanjuti hasil musyawarah masyarakat dengan pemerintah desa yang saat itu dipimpin Kepala Desa Ahmad Muda Hasibuan," kata Ikbal.

Diakui Ikbal, selama Ahmad Muda Hasibuan menjabat Kepala Desa, banyak pembangunan infrastruktur yang menyentuh langsung kepentingan warga.

"Harapan warga Pasar Ipuh, dengan majunya calon petahana pada Pemilihan Kepala Desa Oktober ini, Ahmad Muda Hasibuan kembali dipercaya masyarakat untuk memimpin kembali, karena kepemimpinannya banyak meningkatkan kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat," timpal Ikbal.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Sumatera Utara, Padang Lawas
www www