DUBAI - Pelatih kepala Tim Nasional Indonesia, Simon McMenemy, tetap memotivasi pemainnya, meski usai menelan kekalahan atas tuan rumah United Arab Emirates 0-5, dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G, yang berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, United Arab Emirates, Kamis (10/10/2019). Ali Mabkhout tampil terengginas dan menjadi bintang dalam laga ini, usai mencetak hattrick ke gawang Indonesia yang kali ini dijaga oleh Wawan Hendrawan pada menit ke-51, 63 (p) dan 72. Dua gol lainnya dicetak oleh Khalil Ibrahim menit ke-41 dan Tareq Ahmed di menit ke-93.

“Sulit memang melawan tim bagus yang sudah memiliki persiapan matang dengan kondisi yang baik, tapi kami sudah berusaha. Pemain sudah memberikan segalanya di lapangan. Meski kondisi pemain tidak 100%. Karena kami harus mempersiapkan tim sebaik mungkin dalam waktu cukup singkat. Tapi tadi mereka tunjukkan segala daya dan upaya serta usaha mereka dengan permainan pantang menyerah. Situasi yang sama kami alami di dua pertandingan sebelumnya,” buka Simon usai laga.

Hansamu Yama dan kawan-kawan memang tampil cukup bagus selama 40 menit, karena bisa menahan tuan rumah. Namun setelah itu, lawan dapat menguasai permainan hingga akhir laga.

“Kembali lagi kami harus mengalami hal serupa yang terjadi di dua laga sebelumnya. Kami memiliki banyak peluang di babak pertama, setidaknya selama beberapa menit jelang turun minum, namun lawan dapat mencetak gol lebih dahulu. Babak kedua semakin sulit dan jauh dari perkiraan kami. Harus kemasukan empat gol lagi. Situasi berubah. Namun demikian, saya tetap salut dan memberikan apresiasi kepada para pemain yang sudah memberikan segalanya di laga ini,” tutur Simon.

“Saya harus tetap memotivasi mereka agar bisa bangkit di laga selanjutnya, melawan Vietnam,” sambungnya.

Dengan hasil ini, Indonesia masih belum beranjak dari klasemen Grup G setelah menelan tiga kekalahan dalam tiga pertandingan. Sementara UAE ada di posisi teratas dengan enam poin dari dua laga.

Laga selanjutnya babak kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G, nantinya akan mempertemukan Indonesia melawan Vietnam, yang akan terjadi pada tanggal 15 Oktober 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. ***