ASAHAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar peringatan HUT Koperasi ke-72 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Asahan dengan tema "Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0" di Hotel Sabty Garden Kisaran, Selasa (8/10/2019).

Dikegiatan itu tampak hadir Forkopimda Asahan, Asisten II Asahan, Asisten III Asahan, OPD Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan dan tamu undangan.

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan dalam kata sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menjalin silaturahmi di antara stekholder koperasi yang ada di Kabupaten Asahan, Kemudian untuk meningkatkan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Asahan dengan gerakan koperasi yang ada di Kabupaten Asahan.

Selain dari itu, lanjut Kadis Koperasi dan Perdagangan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menggerakkan koperasi yang ada di Kabupaten Asahan untuk dapat berdaya saing yang lebih konstruktif, menjadikan Koperasi di Kabupaten Asahan berkualitas dan menjadikan koperasi jumlah anggota yang lebih meningkat dan sebagai wadah meningkatkan kapasitas koperasi berbasis koperasi yang sehat kuat dan mandiri.

Sambutan Ketua Dekopinda Kabupaten Asahan Abdul Rahman SE, MSi, MPd menyampaikan bahwa hari koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2019 telah terlewatkan beberapa bulan yang lalu. Akan tetapi ini bukan mengurangi dari makna perayaan tersebut yang mana pada tahun ini sudah berusia 72 tahun.

Ia juga berharap ke depan perayaan hari koperasi bukan lagi di gedung-gedung melainkan di desa yang memiliki koperasi-koperasi yang berprestasi, yang dimana koperasi ini bertujuan untuk mensejahterakan rakyat.

Kemudian, sambutan dan bimbingan Bupati Asahan yang di bacakan oleh Asisten II Pemerintahan bahwa adalah salah satu organisasi kelembagaan perekonomian rakyat yang turut berperan dalam membangun perekonomian di Indonesia.

"Berkat usaha dan perjuangan kita dalam bersosial membangun Koperasi ini kita dapat membantu perkembangan ekonomi khususnya di kabupaten Asahan," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Asahan juga menyampaikan melalui asisten II mengucapkan dan selamat hari koperasi nasional kepada seluruh pelaku yang terjun kedalam dunia perkoperasian.

"Saudara adalah sumber daya untuk perkembangan perekonomian rakyat, tanpa saudara mungkin Koperasi ini tidak akan berdiri sampai sejauh ini, oleh karenanya sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para penggerak Koperasi di Kabupaten Asahan," ucapnya.

Diakhir kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan dan trophy yang di serahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Asisten II dan III kepada koperasi berprestasi sebanyak 18 unit koperasi dan juga pemenang lomba tangkas terampil koperasi tingkat SMA.*