NIAS SELATAN - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, Lanal Nias Bersama DPC Pemuda Peduli Nias (PPN) Nias Selatan melakukan penanaman pohon mangrove di TPI Telukdalam, Nias Selatan, Senin (07/10/2019).

Penanaman sebanyak 300.074 pohon itu dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian menjelaskan, penanaman pohon mangrove secara serentak ini merupakan perintah dari Panglima TNI dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74.

"Ada 300.074 jumlah pohon mangrove yang ditanam secara serentak di seluruh Indonesia. Dan ini juga memecahkan rekor MURI karena dilakukan secara serentak pada pukul 09.00 dengan disaksikan Panglima TNI melalui video confrence," katanya.

Untuk Lanal Nias sendiri, terangnya, ada 4500 bibit mangrove yang ditanam serentak di ujung batu TPI Telukdalam Nias Selatan. Penanaman mangrove bertujuan untuk mencegah abrasi pantai, karena mangrove bertahan dalam menghambat ombak besar, dan disisi lain mangrove ini dapat menjadi rumah bagi ikan-ikan untuk berlindung.

Ia berpesan agar masyarakat dapat menjaga lingkungan terutama pantai sehingga ekosistem laut dan kelestarian alam selalu terjaga.

Hadir saat itu, Kapolres Nisel, AKBP I Gede Nakti Widhiarta, Kajari Nisel, Rindang Onasis, Danramil Telukdalam, P Sihombing, Kadis Keluatan dan Perikanan Nisel, Seksama Sarumaha, Pemuda Peduli Nias (PPN) Nisel, sejumlah personil Lanal Nias, personil Polres Nisel, staf Kejari Nisel, personil Koramil, SMA Taruna Hangtua dan Saka Bahari.