KARO - Bupati karo Terkelin Brahmana di dampingi Plt Asisten II Gelora Fajar Purba, Kadis Pertanian Metehsa Purba, Kabag perekonomian Rismawati br Ginting, Putri Mora dan Elisa br Ginting staf Perekonomian Karo menghadiri rapat koordinasi TPID dan penyerahan penghargaan TPID Award 2019, Senin (7/10/19) di Hotel Polonia Medan.

Penghargaan TPID Award ini sebagaimana surat keputusan Gubernur Sumatera Utara No. 188.44/501/KPTS /IX/2019 tentang penetapan penerima penghargaan TPID Award atas kinerja pengendalian inflasi tahun 2018.

Menurut Edy, penganugerahan ini diberikan atas kemampuan daerah menjaga stabilitas harga barang dan jasa di wilayah/referensi kota IHK (indeks harga konsumen) serta kinerjanya atas pengendalian inflasi tahun 2018 provsu.

"Sekali lagi, selamat saya ucapkan atas prestasi yang telah diperoleh bagi kab/kota yang terpilih sesuai kategori dalam kemampuan pengendalian inflasi daerah, kedepan menjadi lebih baik lagi," sebut Gubsu.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengaku sangat bangga dan berterimaksih kepada stakeholder, pemangku kepentingan lainnya, termasuk BI (Bank Indonesia) yang telah bekerja keras melalui pokja yang dibentuk untuk melakukan penilaian kinerja TPID tahun 2018, sehingga saat ini Kabupaten Karo dapat piala penghargaan di tahun 2019 ini.

"Penghargaan TPID yang kita terima yaitu Kategori TPID berprestasi wilayah IHK (Indeks harga konsumen) kota Medan, ini penilaian tahun 2018, baru sekarang kita dapatkan penghargaan ini," terangnya.

Kedepan, lanjut dia, alternatif untuk menekan Harga harga komoditas yang masih tinggi dapat dicegah dengan Prinsip 4K, Keterjangkuan harga,(disperindag) ketersediaan pasokan,( distan Ketapang) kelancaran distribusi, (disperindag, Satgas pangan, BI, dan OPD terkait) komunikasi efektif (BI, Prov dan OPD terkait). Bebernya

Disamping alternatif 4k, pemda karo berencana akan menghidupkan BUMDES (badan usaha milik desa) ini juga faktor dapat lebih efisien membantu masyarakat Karo yang penghasilan umumnya dari pertanian dan Parawisata.

Plt Asisten 2 Gelora Fajar Purba dan Kabag perekonomian Rismawati br Ginting Membenarkan selaku dinas teknis membidangi tersebut bahwa Karo mendapat penghargaan TPID berprestasi dari 4 kab/kota wilayah IHK Kota Medan.

Disebutkan Rismawati, Kategori TPID berprestasi di antaranya : 1. Wilayah IHK Kota Medan kepada TPID Kabupaten Karo 2. Wilayah IHK Kota Pematang Siantar kepada TPID Pematang Siantar 3. Wilayah Kota Sibolga kepada TPID Taput, 4 wilayah IHK Kota Padang Sidempuan kepada TPID Kota Padang Sidempuan.

Karo sentra Cabai merah dalam provinsi Sumatera Utara

Pada kesempatan yang sama, Kadis Pertanian Karo Metehsa Purba mengatakan cabai merah merupakan sentra bagi Propinsi Sumut.

"Momen penilaian ini penghargaan ini kita peroleh dari sisi kemampuan pemda karo dalam pengendalian TPID," jelasanya.

"Sesuai data bank Indonesia (BI) Kab. Karo salah daerah ikut mempu mengendalikan inflasi daerah melalui pemasok (sentra) cabai merah didalam propinsi terbesar kedaerah diantaranya Sibolga 52 %, Medan 45 %, Padangsidempuan 6 % dan pematang Siantar 17 %. Hal ini tentu kita akan berharap tetap mempertahankan dalam bidang produksi," ucapnya.

Amatan wartawan, selain TPID Berprestasi, Gubsu juga memberikan penghargaan TPID terbaik Kota IHK yang diterima Kota Sibolga dan penghargaan TPID Teladan kepada TPID Deliserdang, TPID Tebing Tinggi, TPID Kota Medan.