MEDAN - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara merekomendasikan agar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KNPI mendukung penuh langkah Presiden Jokowi menuntaskan janjinya sejak periode pertama dalam mengembangkan pariwisata Danau Toba menjadi Monaco of Asia.
"Gagasan Pak Jokowi terkait pembangunan kawasan wisata Danau Toba adalah ide brilian dalam menarik minat wisatawan," tegas Wakil Ketua Umum DPP KNPI, yang juga mantan Ketua KNPI Sumut, Sugiat Santoso, dalam forum Rapat kerja Nasional (Rakernas) DPP KNPI yang digelar hari ini, Jumat (4/10), di hotel Mercure Ancol Jakarta.

"Di forum Rakernas DPP KNPI, DPD KNPI Sumut menitipkan harapan agar DPP KNPI turut menyuarakan dukungan pada Pak Jokowi untuk membenahi pariwisata Danau Toba menjadi Monaco of Asia," timpal Sugiat.

Menurut Sugiat, usulan KNPI Sumut di Rakernas DPP KNPI tersebut untuk mendorong pemerintah pusat agar lebih optimis dalam hal pengembangan pariwisata di Danau Toba.

Sugiat menilai, usulan KNPI Sumut tersebut disampaikan dalam rangka untuk mendukung program pemerintah dan membangun Sumut agar lebih dikenal dunia melalui objek pariwisatanya yang indah.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan, mengatakan pengembangan pariwisata Danau Toba adalah hal yang mendesak untuk segera dilaksanakan karena menyangkut hajat hidup masyarakat di seluruh kawasan Danau Toba.

"Ada ribuan masyarakat yang akan merasakan dampak dari geliat pembangunan pariwisata Danau Toba. Jika Danau Toba berhasil diubah menjadi Monaco of Asia, maka wisatawan dunia akan semakin banyak yang dapat dan hal ini berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar kawasan Danau Toba," tegas Samsir.

Wakil Sekretaris DPP KNPI, Alimnur Nasution, mengapresiasi ide dan gagasan Bung Sugiat dan Samsir Pohan dalam pengembangan pariwisata Danau Toba yang disampaikan di forum Rakernas DPP KNPI. Alimnur mengatakan, tanggung jawab mereka dalam membangun Sumut tidak perlu diragukan lagi dan hal ini adalah bentuk komitmen yang patut diapresiasi.

"Banyak program, ide dan gagasan yang bisa disuarakan di forum Rakernas DPP KNPI ini. Tapi mereka punya pemikiran yang luar biasa terkait Danau Toba demi membangkitkan pariwisata Sumut dan merangsang perekonomian masyarakat yang hidup dikawasan Danau Toba," tegas Alimnur.