Home >  Berita >  Pendidikan

Bupati Asahan Bina Upacara Muscab Gerakan Pramuka Kabupaten Asahan Tahun 2019

Bupati Asahan Bina Upacara Muscab Gerakan Pramuka Kabupaten Asahan Tahun 2019
Foto bersama peserta Muscab Kwatir Gerakan Pramuka Tahun 2019
Jum'at, 04 Oktober 2019 13:00 WIB
Penulis: Bayu Sahputra
ASAHAN-Bupati Asahan H. Surya BSc membina upacara Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten Asahan Tahun 2019 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jum'at (4/10/2019).

Selain Bupati Asahan, kegiatan itu dihadiri Perwakilan Dandim 0208 Asahan, Perwakilan Danlanal Tanjung Balai Asahan, OPD, Camat se-kabupaten Asahan dan para kader pramuka Kabupaten Asahan.

Dalam laporan Panitia disampaikan oleh Ketua Panitia Andy Sapta, M.Pd, M.Si bahwa tujuan muscab adalah menyusun rencana dan program kerja kwartir cabang gerakan Pramuka Asahan untuk 5 tahun mendatang dan menetapkan serta mensyahkan ketua kwartir cabang gerakan Pramuka Asahan masa bakti 2019-2024.

Andy Sapta juga menjelaskan bahwa peserta musyawarah cabang gerakan Pramuka Asahan tahun 2019 meliputi utusan kwartir cabang gerakan Pramuka Asahan sebanyak 5 orang, utusan masing-masing kuartir ranting sebanyak 5 orang yang berjumlah 115 orang, undangan kuatir daerah gerakan Pramuka Sumatera Utara sebanyak 4 orang dan panitia penyelenggara sebanyak 45 orang jumlah keseluruhan peserta sebanyak 164 orang.

Ditempat yang sama, Ketua Kwartir Daerah Sumatera Utara disampaikan oleh Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Daerah Sumatera Utara dr. Aris Yudhariansyah, MM menyampaikan bahwa musyawarah cabang gerakan Pramuka adalah forum tertinggi gerakan Pramuka di tingkat cabang yang di adakan sekali 5 tahun.

"Semoga musyawarah ini adalah wujud kepedulian kita bersama bagi bangsa dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda" harapnya.
Ads

Kemudian, Bupati Asahan H. Surya BSc selaku pembina upacara menyampaikan Bimbingan dan arahan bahwa sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan Pramuka bahwa musyawarah cabang gerakan pramuka dilaksanakan setiap lima tahun sekali sebagai bagian kedinamisan sebuah organisasi yang berkembang.

"Musyawarah cabang gerakan pramuka merupakan forum kekuasaan tertinggi dalam mempertanggungjawabkan kepengurusan cabang gerakan Pramuka sesuai dengan masa baktinya," tuturnya.

H. Surya menerangkan bahwa Gerakan Pramuka Asahan selama 2 tahun ini tidak ada melaksanakan kegiatan kepramukaan di tingkat cabang.

"Jadi melalui musyawarah cabang marilah kita aktifkan kembali kegiatan-kegiatan kepramukaan di Kabupaten Asahan dengan menyusun program-program kerja untuk 5 tahun kedepan berupa program kegiatan kegiatan Yang menarik bagi peserta didik serta meningkatkan pelatihan mutu kepramukaan bagi Pembina dan pelatih.*
www www