MEDAN - Pertumbuhan kendaraan untuk wilayah Sumatera sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sumatra Utara tahun ini tumbuh mencapai kisaran 5%-5,4% secara tahunan (year on year/yoy)Sejumlah proyek strategis multiyears di Sumatera Utara (Sumut) serta perbaikan daya beli masyarakat mempengaruhi menguatnya ekonomi di Sumut. Tercatat pertumbuhan ekonomi Sumut mencapai 5,25 persen yoy atau sedikit melambat dibandingkan triwulan I 2019 5,30% yoy.

Meski demikian, pencapaian tersebut masih lebih tinggi dari pertumbuhan nasional 5,05% yoy dan keseluruhan Sumatra 4,62% yoy. Selain itu pangsa pasar ekonomi Sumut 23,18% merupakan terbesar di antara provinsi di Sumatra. Artinya, pertumbuhan dan penggunaan kendaraan baik untuk pribadi maupun bisnis di Sumut juga diprediksi juga akan meningkat.

Untuk itu, Himawan Putra Corp. sebagai distributor tunggal mesin-mesin pendukung perbengkelan pertama yang hadir di Medan setelah di Surabaya dengan menyajikan mesin-mesin pendukung bengkel yang memiliki teknologi tinggi seperti Hunter dan Corghi. Teknologi yang ditawarkan Hunter merupakan produksi dari Amerika Serikat sangat mengutamakan kualitas utamanya keselamatan dan kenyamanan. Sedangkan Corghi diproduksi di Italia adalah salah satu merek yang digunakan di ajang Moto GP.

"Kedua produk ini berbeda secara kualitas dengan produk asal Tiongkok karena AS dan Italia merupakan pionir teknologi otomotif dunia," ujar Vice President PT. Himawan Putra, Kevinski Himawan di Bengkel Himawan Putra Jalan Kapten Muslim, Komplek The Enterprise No 10 Medan.

Produk inovatif yaitu “Hunter Upgradable” yang merupakan mesin spooring yang berteknologi tinggi untuk menjembatani kebutuhan perawatan kaki mobil penumpang dan keterbatasan modal pemilik bengkel. Konsep Hunter Upgradable terdiri dari tiga jenis produk mesin wheel alignment (spooring) yang dapat berkembang sesuai kebutuhan pemilik bengkel. Hunter Upgradable dimulai dari Hunter Hawkeye Profesional yang dapat ditingkatkan fiturnya menjadi Hunter Hawkeye ProPlus dengan kelebihan alat yang tidak akan menggores velg mobil.

"Sebab secara alami kondisi kaki-kaki kendaraan paling sering luput dari perhatian pengemudi, padahal komponen kaki-kaki kendaraan termasuk komponen krusial dalam keselamatan berkendara. Padahal dengan mengabaikan kondisi kaki-kaki mobil dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan ban cepat aus dan memperbesar kemungkinan pecah ban maupun mempengaruhi pengendalian ketika berkendara dilakukan dalam kecepatan tinggi," terangnya.

Maka dari itu dijelaskannya, sebelum berinvestasi untuk alat yang lebih mahal, pemilik bengkel dapat membeli produk Hunter yang paling dasar (basic) dengan harga terjangkau. “Nanti seiring kebutuhan pasar, produk tersebut dapat ditingkatkan kemampuannya (Upradeable) sesuai kebutuhan," bebernya.

Dengan Hunter Upgradable dimulai dari Hunter Hawkeye Profesional sebagai produk starter dapat ditingkatkan fiturnya menjadi Hunter Hawkeye ProPlus yang merupakan produk mid-level dengan kelebihan alat ramah bagi velg mobil yang dapat dikembangkan menjadi Hunter Hawkeye Elite.

“Sebagai versi tertinggi, Hunter Hawkeye Elite memiliki banyak kelebihan salah satunya fitur Hunter Quick Check, fitur yang dapat mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil hanya dalam +/-2 menit saja sehingga dapat meningkatkan produktivitas bengkel di tengah tuntutan kebutuhan perawatan kaki-kaki mobil dengan harga terjangkau,” pungkasnya. (*)