BOGOR - Pemusatan latihan dan seleksi untuk Tim Nasional Indonesia U19 saat ini sudah lengkap dengan 30 pemain. Saat pertama kali mereka latihan, di tanggal 26 September 2019, hanya 26 pemain yang hadir tanpa Ernando Ari, Brylian Aldama, Mochamad Supriadi dan Rizky Ridho. Minus Supriadi, ketiga pemain lainnya sudah bergabung dalam latihan di hari Sabtu (28/9/2019). Sementara itu, Supriadi baru bergabung di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019).

Tiba pada hari keenam pemusatan latihan, Supri langsung menjalani latihan fisik dan simulasi pertandingan selama kurang lebih 120 menit. Meski baru bergabung, tak ada keistimewaan yang diberikan Fakhri Husaini selaku pelatih kepala kepada pemain Persebaya Surabaya itu.

“Saya tidak khawatir dengan kebugaran dia dan tentang komitmen dia terhadap Timnas U-19. Dia selalu memberikan 100 persen untuk tim ini, untuk tim mana pun dia bermain. Bahkan untuk Persebaya pun saya beberapa kali nonton dia tampil, dia selalu 100 persen,” ujar Fakhri.

Namun demikian, Fakhri dan staf pelatih tetap memperhatikan apa yang Supri jalani dalam latihannya di klub. “Saya berpikir juga tadinya, kemarin dia masih latihan di Persebaya, tentu penting bagi kami untuk memperhatikan apa yang telah dia jalani sebelumnya di klub sebelum dia bergabung dengan tim ini,” jelasnya.

“Supaya apa saya lakukan demikian? Supaya kami juga tidak memberikan durasi dan beban yang berlebihan kepada Supri atau pemain yang lainnya. Ternyata seperti yang saya sampaikan, Supri selalu memberikan yang terbaik,” lanjutnya.

Kedatangan Supri memberikan kelengkapan bagi tim, namun tim ini harus kembali berlatih dengan absennya tiga pemain. Adalah Muhammad Risky Sudirman, Braif Fatari, dan Sutan Zico.

Tiga nama yang disebutkan terakhir harus absen karena dibutuhkan oleh Persija Jakarta U-20 untuk menjalani babak delapan besar Liga 1 U-20 saat berjumpa dengan Barito Putera.

“Mereka hari ini diminta klubnya untuk memperkuat tim mereka. Buat saya ini masih relevan, karena mereka masuk di usia itu,” kata Fakhri.

“Kemudian yang kedua, kami juga hanya kehilangan mereka di satu sesi ini saja. Setelah pertandingan mereka bisa langsung kembali. Besok sudah mulai bergabung lagi,” tutupnya. ***