ASAHAN-Bupati Asahan H. Surya Bsc, menerima audensi para pengurus besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kabupaten Asahan di ruang kerja Bupati Asahan, Selasa (1/10/2019).

Turut serta dalam audensi yakni Penasehat, Drs. H. Nahruddin Faqih Batu Bara, Ketua Khairuddin Kasri, Sekretaris Mhd, Fadly, Ketua pembangunan Noor Arifin SH, Sekretaris Syafrizal Rany Amd, Ketua pelantikan H. Syamsuddin Mpd, MSi, Ketua PSBD Bachtiar Efendi.

Dalam audensinya Ketua PD. MABMI Asahan Khairuddin Kasri SAg kepada Bupati Asahan melaporkan sebagaimana hasil Musda MABMI Asahan pada bulan April 2019 yang lalu menghasilkan para pengurus MABMI untuk masa bhakti 2019 - 2024.

Di kesempatan tersebut Ketua MABMI Asahan juga melaporkan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakannya Pelantikan pengurus PD. MABMI.

"Insyaallal Tanggal 30 Oktober 2019 mendatang PD. MABMI Asahan akan dilantik oleh Pengurus Besar MABMI," Tutur Khairuddin kepada Bupati Asahan seraya mengajukan permohonan pelaksanaan pelantikan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan.

Selain melaporkan akan dilaksanakannya Pelantikan, Khairuddin juga melaporkan dimana Pengurus MABMI yang baru juga akan meneruskan pembangunan Rumah Adat Melayu Asahan (Rumah Togap) yang berada di jalan Taufan Gama Simatupang persis di samping Rumah Joglo Adat Jawa dan Kantor Dinas BPBD Asahan.

"Kami mohon dukungan Pak Bupati Asahan untuk dapat memberikan semangat dalam pembangunan rumah Togap kami ini," pinta Khairuddin.

Sementara, Bupati Asahan H. Surya Bsc dalam sambutannya sangat menerima dan mendukung program kegiatan PD. MABMI Asahan dan siap memberikan dukungan pelantikan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Saya mendukung pembangunan Rumah Togab yang merupakan Rumah Adat Melayu Asahan dan saya juga siap mendukung Pelantikan PD. MABMI Asahan karena etnis melayu ini merupakan salah satu aset bangsa, insyaallah saya akan hadir" Tutur Bupati Asahan Surya Bsc yang didampingi Kadis Pendidikan Asahan Drs. Sofyan, Kaban Kesbang Asahan Sorimuda Siregar dan Asisten II Setdakab Asahan Jhon Hardi.

Diakhir Audensi Bupati Asahan dan para Pengurus MABMI Asahan melakukan photo bersama.*