MEDAN-Sebanyak 300 helm standar nasional Indonesia (SNI) dibagikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di depan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jalan Pattimura Medan, Minggu (29/9/2019).

Dikatakan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Umardin Lubis ada 11 kantor cabang untuk wilayah Sumbagut dan dari 11 kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan itu, untuk hari ini dibagikan 300 helm SNI untuk pekerja dari perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

"Secara nasional BPJS Ketenagakerjaan membagikan 5.000 helm tetapi untuk sumbagut ada 500 helm dan hari ini kita bagikan 300 helm standar. Sebelumnya kita sudah melakukan pembelajaran safety riding yang dilakukan di Universitas Sumatera Utara (USU) pada ratusan perusahaan peserta kita. Nah, hari ini agar pemanfaatan penggunaan helm itu terwujud kita gelar konvoi jarak pendek dari kantor BPJS Ketenagakerjaan sampai ke Taman Ahmad Yani Medan," katanya pada wartawan.

Umardin berharap semoga semua orang patuh berlalu lintas dan kemudian untuk helmnya tidak lagi hanya sebagai aturan saja namun memang benar-benar untuk keamanan.

Perlu diketahui hingga Januari sampai September 2019 data kecelakaan kerja untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan mencapai 23.000 kasus dan 6.000 kasus diantaranya adalah kecelakaan di jalan raya karena kebanyakan pekerja ini mayoritas berada di jalan raya. "Bahkan hampir rata-rata helm yang digunakan tidak standar dan itu yang mengakibatkan fatal saat kecelakaan terjadi," terang Umardin.

Kegiatan Promotif Preventif Tahun 2019 Kerja Aman Hidup Nyaman Bersama BPJS Ketenagakerjaan ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution yang juga melepas langsung peserta konvoi. Akhayar mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena sudah melakukan preventif atau pencegahan potensi kecelakaan pada tenaga kerja.

"Karena memang banyak kecelakaan itu dalam perjalanan bukan di tempat kerja," jelasnya.

Safety riding ini, sambungnya harus terus diingatkan pada masyarakat. Sebab bila terjadi kecelakaan semua akan rugi. "Maka semua pihak kita harapkan ikut menerapkan safety riding jadi tidak hanya BPJS Ketenagakerjaan saja," tukasnya.

Setelah kegiatan Promotif Preventif dengan pembagian helm setelah itu seluruh peserta melakukan konvoi sekaligus mensosialisasikan safety riding menuju Taman Ahmad Yani di Jalan Imam Bonjol Medan. Di taman itu selanjutnya mereka akan melaksanakan senam bersama guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.*