ASAHAN-Polres Asahan berhasil mengamankan 39 orang pelajar dari sekolah menengah atas dan kejuruan yang berencana ikut aksi unjuk rasa, pada Jumat (27/9/2019).

Selain pelajar dua pemuda juga ikut diamankan karena menjadi penyusup dan provokator saat aksi unjuk rasa yang digelar oleh mahasiswa sejak beberapa hari terakhir di Kisaran.

Hal itu dikatakan oleh Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu sik kepada sejumlah wartawan sembari menjelaskan para pelajar yang diamankan ini mayoritas adalah siswa yang bolos sekolah dan termakan hoax aksi unjuk rasa.

"Jadi mereka ini ada yang bolos sekolah ada juga yang pulang sekolah langsung berkumpul di satu tempat berencana ikut aksi unjuk rasa dengan mahasiswa tujuannya juga tidak jelas", kata Kapolres.

Faisal juga menambahkan para pelajar ini pada umumnya tidak mengetahui ke mana tujuan mereka, mereka hanya berkumpul yang termakan isu hoax yang mungkin didapat dari sosial media terkait banyaknya pelajar yang ikut terlibat dalam sejumlah aksi unjuk rasa di Ibu kota.

39 orang pelajar yang diamankan ini kemudian didata dan dilakukan pembinaan Polres Asahan kemudian memanggil para guru dan orang tua siswa selanjutnya dipulangkan ke rumah masing-masing.

Pada kesempatan itu Kapolres juga berpesan kepada para pelajar agar tidak ikut-ikutan membuat suasana menjadi kacau apalagi mereka tidak memahami akan persoalan mengapa aksi dilakukan sehingga turun ke jalan seperti yang dilakukan oleh mahasiswa.

"Ini yang bahaya, dan kita harus juga merasakan melihat ini sebagai satu hal yang harus diwaspadai, oleh karena itu kami menyisir dari berbagai tempat di Kota Kisaran dan mendapati para pelajar ini berkumpul bahkan ada yang membawa poster berencana untuk ikut demo mahasiswa hari ini," kata Faisal.

Kemudian dua orang pemuda lagi turut serta diamankan mereka berusaha memprovokasi aksi mahasiswa saat menggelar demonstrasi.

Setelah diamankan ternyata kedua pemuda ini sebelumnya telah membuat postingan ujaran kebencian kepada polisi dan memprovokasi masyarakat agar turut serta membantu mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa.*