ASAHAN- Sekretaris daerah Kabaten Asahan, Taufik Zainal Abidin mengapresiasi profesi para bidan yang menajalankan pekerjaannya dengan ikhlas sehingga membantu pemerintah Kabupaten Asahan dalam rangka mewujudkan program masyarakat yang cerdas.

Hal itu dikatakan oleh Sekda Asahan dalam sambutannya membacakan pidato Bupati Asahan dalam rangka menghadihi Hari Ulangtahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Asahan yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Kisaran, pada hari Sabtu (28/9/19).

Dalam HUT IBI PC. Kabupaten Asahan ini juga, tampak hadir Ketua DPRD Kab. Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembanguna, Kepala Dinas Kominfo Kab. Asahan, Sekertaris Dinas Kesehatan Kab. Asahan, Ketua IBI Kab. Asahan Elida Hanum Harahap Am.keb, seluruh bidan dan tamu undangan.

"Kita juga mengetahui bahwa para bidan sangat berjasa dalam membantu menyelamatkan ibu-ibu dalam persalinan, padahal saat itu keselamatan ibu dan bayi ada ditangannya. Tetapi dengan keterampilan, kecepatan dan kecekatan yang dimiliki oleh para bidan banyak ibu dan bayi dapat diselamatkan pada persalinan", ungkap beliau.

Sementara itu, Ketua IBI Asahan Elida Hanum Harahap Am.keb dalam sambutannya menyampaikan bahwa para bidan merupakan salah satu ujung tombak Pemerintah dalam menuntaskan visi dan misinya, mewujudkan Asahan yang sehat. Untuk itu IBI Asahan dikatakannya senantiasa akan tetap berupaya menjaga sinergitas bersama Pemkab.

“IBI saat ini menghadapi tantangan libelarisasi pelayanan mengingat semakin hari bertambahnya lulusan dan beragamnya jurusan kebidanan. Olehkarena itu, IBI merasa perlu melakukan penguatan konsolidasi kedalam sistim advokasi hingga terjadinya sinergitas dengan stakeholder termsauk pemerintah Kabupaten Asahan,” ujarnya.

Disela-sela sambutannya beliau menyampaikan bahwa jumlah anggota IBI Kab. Asahan saat ini sebanyak 1200 bidan. Selain itu Ia juga menyampaikan, dalam memeriahkan HUT IBI PC. Kab. Asahan para bidan yang mewakili dari 29 Puskesmas di Kab. Asahan melakukan parede baju adat.

*